Female, Feminim, Gaya Hidup, Kesehatan, tips

Begini Cara Merawat Kulit Wajah Tetap Sehat di Era New Normal

Sejak memasuki masa transisi dari Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) ke era new normal, sebagian masyarakat yang berada di wilayah zona hijau sudah mulai kembali menjalankan aktivitas di luar rumah seperti bekerja dan beribadah. Sesuai dengan protokol kesehatan yang telah diterbitkan oleh pemerintah, salah satu peraturan didalamnya mewajibkan masyarakat menggunakan masker selama beraktivitas diluar rumah.

Kembalinya beraktivitas di luar rumah, tidak luput dari kembalinya menghadapi paparan sinar matahari. Perlahan, kulit wajah akan beradaptasi kembali dengan kondisi di luar rumah pasca berbulan-bulan #dirumahaja serta penggunaan masker sepanjang hari. Bahan masker yang cenderung tidak menyerap keringat ini, akan menutupi wajah Anda seharian. Kondisi wajah yang lembab, dapat mendatangkan masalah kesehatan pada kulit wajah Anda.

Namun Anda tak perlu khawatir lagi, berikut ini merupakan tips untuk menjaga kulit wajah agar tetap sehat:

Konsumsi Buah-Buahan, Sayur dan Air Putih Secukupnya

Penggunaan produk pada kulit luar tidak cukup untuk menjaga kulit wajah agar tetap sehat. Nyatanya, komponen nutrisi dari dalam tubuh lah yang paling diperlukan. Mengonsumsi air putih minimal 2 liter per hari, dapat membantu memperlancar proses regenerasi kulit dan menjaga kelembapan kulit agar tidak dehidrasi. Tak hanya untuk kulit wajah, air putih, buah dan sayur pun memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh Anda.

Lakukan Double Cleansing

Membersihkan wajah menggunakan sabun pembersih tidaklah cukup. Anda memerlukan make up remover untuk mengangkat riasan serta partikel debu yang menempel setelah seharian beraktivitas. Menggunakan double cleansing lebih membantu menghilangkan kotoran pada wajah secara menyeluruh, sehingga tidak menyumbat pori-pori.

Gunakan Tabir Surya (Sunscreen)

Gunakan tabir surya untuk melindungi kulit wajah dari paparan sinar matahari secara langsung.

Perhatikan Kualitas serta Kebersihan Masker

Pilihlah bahan masker yang tepat dengan daya serap yang tinggi, untuk menjaga kelembaban kulit wajah Anda. Jangan lupa untuk mengganti masker yang digunakan secara rutin, agar kotoran tidak menempel pada wajah Anda.

Kendalikan Stres

Saat stres, produksi hormon kortisol dalam tubuh akan meningkat. Hormon tersebut menyebabkan tubuh memproduksi minyak secara berlebih, sehingga akan menyebabkan gangguan kesehatan pada kulit terutama pada area wajah. Maka, pentingnya mengelola stres agar tidak mempengaruhi kesehatan kulit wajah.

Tidur Cukup

Orang dewasa dianjurkan untuk tidur selama 7-9 jam per hari. Saat tidur, proses regenerasi kulit akan terjadi. Jika Anda kurang tidur, maka proses tersebut tidak dapat bekerja secara optimal.

(Ditulis oleh: Riannisaa Fitriani, Mahasiswa Sarjana Kesehatan Masyarakat – Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Indonesia Maju, Jakarta)

Pict: Freepik

35 thoughts on “Begini Cara Merawat Kulit Wajah Tetap Sehat di Era New Normal

  1. Bagus sekali artikelnya, apalagi lagi pandemi begini harus diwajibkan pakai masker tapi muka harus tetap sehat. Kerennnnnn👍

  2. Terimakasih infonya bermanfaat untuk yg bekerja atau beraktivitas diluar dimana kena matahari berjam jam dan makai masker seharian. Kira kira masker seperti apa ya yg bahannya daya serap tinggi??

  3. Wah bener banget.. Double cleansing berpengaruh sama kesehatan kulit, soalnya make sabun aja gak cukup ngebantu buat ngangkat kotoran2 polusi dari jalanan👌👌

  4. Waw ini menarik sih,dimasa kenormalan baru seperti ini perhatian terhadap kesehatan secara menyeluruh termasuk kesehatan kulit wajah ternyata penting.Setelah sebelumnya dirumah saja dann artikel ini menjelaskannya secara apik dan sistematis. Thanks

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *