Gaya Hidup, Kesehatan, Mahasiswa, Pendidikan, tips

Sayangi Keluarga dengan Menaati Protokol Kesehatan Covid-19

Corona Virus Disease 2019 atau yang dikenal dengan Covid-19 merupakan sebuah penyakit yang tengah melanda berbagai belahan dunia. Penyakit yang ditularkan melalui orang ke orang ini, pertama kali ditemukan di Kota Wuhan, Tiongkok, pada bulan Desember tahun 2019. Hingga Senin 27 Juli 2020, dilansir dari laman Worldometers, total kasus Covid-19 di dunia tercatat sebanyak 16.492.814  jiwa, meninggal dunia 653.425 jiwa dan pasien telah sembuh 10.094.838 jiwa.

Indonesia menjadi salah satu dari banyak negara, yang tengah berupaya melawan virus ini. Virus Corona pertama kali terdeteksi di Indonesia pada Senin, 2 Maret 2020. Hingga per 27 Juli 2020, jumlah kasus Covid-19 di Indonesia mencapai 100.303 jiwa, dengan pasien sembuh 58.173 dan meninggal dunia 4.838 (Kemenkes RI, 2020).

Pemerintah terus berupaya untuk memutus mata rantai virus Covid-19, salah satunya dengan mengeluarkan kebijakan baru. Dilansir dari kompas.com, kebijakan baru tersebut memperbolehkan masyarakat yang berusia dibawah 45 tahun, untuk kembali beraktivitas. Perlunya menjaga stabilitas ekonomi masyarakat menjadi salah satu alasan, mengapa kebijakan baru diperlukan pada masa pandemi ini.

Tim Pakar Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmita, menjelaskan bahwa seluruh masyarakat wajib mengikuti protokol kesehatan, guna mencegah penularan Covid-19 di era new normal ini.

Berikut beberapa protokol kesehatan Covid-19 yang harus ditaati masyarakat, berdasarkan informasi yang dimiliki oleh Kementerian Kesehatan dan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19:

Jaga Kebersihan Tangan

Bersihkan tangan dengan cairan pencuci tangan atau hand sanitizer, ketika permukaan tangan tidak kotor. Namun, apabila tangan kotor maka bersihkan menggunakan sabun dengan air mengalir. Cara mencucinya pun harus sesuai dengan standar yang ada, meliputi bagian dalam, punggung, sela-sela, dan ujung-ujung jari.

Jangan Menyentuh Wajah

Jika kondisi tangan belum bersih, sebisa mungkin hindari menyentuh area wajah, khususnya mata, hidung, dan mulut. Mengapa? Bisa jadi virus menempel pada tangan saat Anda beraktivitas. Jika tangan kotor ini digunakan untuk menyentuh wajah, khususnya di bagian yang sudah disebutkan sebelumnya, maka virus dapat dengan mudah masuk ke dalam tubuh.

Terapkan Etika Batuk dan Bersin

Ketika Anda batuk atau bersin, tubuh akan mengeluarkan droplet. Maka, untuk mencegah virus agar tidak mengenai orang lain, Anda perlu menutup mulut dan hidung menggunakan lengan atas bagian dalam. Bagian ini dinilai dapat menutup mulut dan hidung dengan optimal. Selain itu, bagian lengan atas dalam ini tidak digunakan untuk beraktivitas menyentuh wajah.

Memakai Masker

Kenakanlah masker ke mana pun saat Anda keluar rumah atau berinteraksi dengan orang lain. Jangan lupa untuk membuang masker di tempat sampah yang tertutup dan cuci tangan setelah itu.

Jaga Jarak

Untuk menghindari terpaparan virus dari orang ke orang, Anda harus senantiasa menjaga jarak dengan orang lain minimal 1 meter. Kita dilarang untuk mendatangi kerumunan, meminimalisir kontak fisik dengan orang lain, dan tidak mengadakan acara yang mengundang banyak orang.

Isolasi Mandiri

Bagi Anda yang merasa tidak sehat, seperti mengalami demam, batuk, pilek, nyeri tenggorokan dan sesak napas, diminta untuk secara sadar dan secara sukarela melakukan isolasi mandiri di dalam rumah. Tetap berada di dalam rumah dan tidak mendatangi tempat kerja, sekolah, atau tempat umum lainnya karena Anda memiliki risiko infeksi Covid-19 dan menularkannya ke orang lain.

Jaga Kesehatan

Selama berada di dalam rumah, pastikan kesehatan fisik tetap terjaga dengan berjemur di bawah sinar matahari pagi selama beberapa menit, mengonsumsi makanan bergizi seimbang, dan melakukan olahraga ringan. Istirahat yang cukup juga sangat dibutuhkan dalam upaya menjaga kesehatan, selama masa pandemi ini.

(Ditulis oleh: Agareta Putra Ardeni, Mahasiswa Sarjana Kesehatan Masyarakat – Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Indonesia Maju, Jakarta)

Pict: Freepik

14 thoughts on “Sayangi Keluarga dengan Menaati Protokol Kesehatan Covid-19

  1. Mantul infonya, karna orang tua rentan terkena covid-19, yg muda dibawah 45 tahun harus lebih hati2 agar tidak membawa virus ke rumah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *