Gaya Hidup, Kesehatan, Komunikasi, Remaja, tips

Insecure? Lakukan 4 Cara Jitu ini Untuk Mengatasinya

“Kondisi insecure merupakan salah satu kondisi mental ketika kamu merasa cemas dan takut secara berlebihan sehingga kamu melakukan sesuatu dengan berhati-hati. Bahkan, terkadang seseorang yang mengalami insecure sering menaruh curiga pada orang lain maupun lingkungan di sekitarnya” (Halodoc, 2020).

Dilansir dari Good Therapy, tidak ada penyebab pasti seseorang merasa insecureterhadap diri maupun kehidupannya. Namun, ada beberapa faktor yang menyebabkan seseorang selalu merasa insecurepada dirinya, seperti trauma, memiliki masalah pada penampilannya atau mengalamibody dysmorphic disorder, dan memiliki kepercayaan diri yang rendah.

Tidak hanya itu, faktor ekonomi, lingkungan, dan hubungan sosial bisa menyebabkan seseorang mengalami rasa insecure. Jika kondisi ini tidak segera diatasi, maka dapat menyebabkan gangguan kesehatan mental, seperti depresi, gangguan kepribadian batas ambang, gangguan kecemasan, paranoid, gangguan makan, dan masalah pada body image.

Lakukan Cara Jitu ini untuk Mengatasi Rasa Insecure:

Ubah Pola Pikir

Jangan menerka-nerka suatu kejadian yang belum terjadi, yang akan mengakibatkan overthinking. Pentingnya mengubah pola pikir, ketika menentukan arah melalui perasaan ragu dan tidak aman.

Ruang Lingkup yang Positif

Carilah lingkup pertemanan yang membuat nyaman dan membantu dalam proses perkembangan diri. Usahakan untuk memilih teman yang membantu dalam berperilaku yang lebih positif, sehingga dapat terhindar dari pertemanan yang tidak sehat secara mental.

Jangan Membandingkan Diri dengan Orang Lain

Tetap bersyukur, karena pada hakikatnya manusia diberikan kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Hidupmu bukanlah sebuah ajang perlombaan lari, ketika yang mencapai garis finish terlebih dahulu yang menjadi pemenang. Setiap manusia memiliki keunikan masing-masing, maka nikmatilah setiap proses kehidupan yang ada.

Tantang Dirimu Sendiri

Perbanyaklah pengalaman untuk meningkatkan kepercayaan diri. Maka waktunya keluar dari zona aman. Ingat, cintai dan berterimakasih pada diri sendiri, hal tersebut merupakan cara termudah untuk menghargai diri atas pencapaian apa pun yang sudah dilakukan, sekecil apa pun.

Jika cara diatas sudah dilakukan, lambat laun tubuh rasa insecure akan berkurang. Jangan jadikan rasa insecure tersebut menjadi penghalang masa depan.

(DItulis oleh: Novita Sari, Mahasiswi Sarjana Kesehatan Masyarakat – Sekolah Tinggi ilmu Kesehatan Indonesia Maju, Jakarta)

Pict: unsplash/@tjump

2 thoughts on “Insecure? Lakukan 4 Cara Jitu ini Untuk Mengatasinya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *