Gaya Hidup, Kesehatan, tips

Waspada DBD di tengah Pandemi Covid-19: Cegah dengan 4M Plus

Sudah kurang lebih 4 bulan lamanya, Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) melanda Negara Indonesia. Tak hanya Covid-19, masyarakat juga tengah dilanda keresahan lain, yakni munculnya penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) yang angka kasusnya, mengalami peningkatan di masa pandemi.

Dilansir dari Tribunnews.com, pada awal tahun 2020 kasus DBD telah menyentuh angka 17.820, yang tersebar di sejumlah provinsi, kabupaten maupun kota. Sedangkan dilansir dari CNN Indonesia, hingga per tanggal 12 Juli 2020 kasus DBD tecatat sebanyak 71.633 kasus.

Berdasarkan angka kasus tersebut, disimpulkan bahwa selama kurang lebih 7 bulan terhitung dari bulan Januari – Juli 2020, kasus DBD di Indonesia mengalami peningkatan yakni sebanyak 53.813 kasus.

Salah satu faktor penyebab penularan penyakit DBD adalah tingginya curah hujan yang terjadi sejak awal tahun, yang mana hujan merupakan kondisi yang mendukung bagi nyamuk Aedes aegypti untuk berkembang biak. Hal ini diperparah dengan perilaku masyakat yang kurang menyadari bahwa, pentingnya melalukan pencegahan penyakit DBD.

Dilansir dari Dinkes.Acehprov.go.id, salah satu strategi pemerintah untuk memutus rantai perkembangbiakan nyamuk Aedes aegypti, melalui kegiatan PSN (Pemberantasan Sarang Nyamuk) dengan metode 4M Plus diantaranya yakni:

1. Menutup

Menutup tempat penampungan air seperti drum, kendi, toren air, dan lain sebagainya.

2. Menguras

Menguras dan membersihkan tempat yang sering dijadikan tempat penampungan air seperti bak mandi, ember air, tempat penampungan air minum minimal satu minggu sekali.

3. Mengubur

Mengubur barang bekas yang sekiranya dapat menampung air dan menjadi tempat berkembangbiaknya nyamuk.

4. Memantau

Memantau jentik pada wadah penambungan air secara rutin.

Sedangkan kata “Plus” sendiri merupakan bentuk kegiatan pencegahan seperti:

  • Menggunakan obat anti nyamuk
  • Menanam tanaman pengusir nyamuk
  • Menggunakan kelambu pada saat tidur
  • Menghindari kebiasaan menggantug pakaian di dalam rumah yang bisa menjadi tempat istirahat nyamuk

Masyarakat dapat terhindar dari penyakit Demam Berdarah Dengue, selama selalu menjaga kebersihan disekitar rumah masing-masing dengan metode 4M Plus. Tak hanya melindungi keluarga, perilaku kesehatan tersebut juga dapat membantu pemerintah dalam menurunkan angka kasus DBD di Indonesia.

(Ditulis oleh: Anisa Zulfa Hidayah, Mahasiswa Sarjana Kesehatan Masyarakat – Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Indonesia Maju, Jakarta)

Pic: freepik

15 thoughts on “Waspada DBD di tengah Pandemi Covid-19: Cegah dengan 4M Plus

  1. Wah bagus nih informasinya. Walau covid-19 berbahaya, namun kita juga perlu waspada dengan penyakit lainnya juga. Penerapan pbhs emamg palinh mantul untuk mencegah penyakit

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *