Kesehatan, Pendidikan, tips

Cegah Covid-19 Masuk ke dalam Rumah dengan Melakukan Upaya ini

Saat ini, dunia sedang dihadapi dengan pandemi global dari Corona Virus Disease 2019 atau Covid-19. Berbagai upaya telah dilakukan oleh Pemerintah Indonesia guna menekan angka kasus, seperti adanya kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), yang merupakan bentuk dari pembatasan aktivitas bagi masyarakat dan seluruh instansi. Kini, Pemerintah menerapkan New Normal atau kenormalan baru dengan mengembalikan semua aktivitas masyarakat yang sempat tertunda, namun tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Presiden Joko Widodo menegaskan bahwa masyarakat harus bisa berkompromi, hidup berdampingan dan berdamai dengan Covid-19 agar hidup tetap produktif.

Berdasarkan himbauan yang diberikan oleh WHO dan Pemerintah Indonesia, salah satu pencegahan penularan Covid-19 adalah dengan tetap tinggal dirumah. Namun dengan penerapan kebijakan baru yakni new normal, tentu mereka yang kembali beraktivitas di luar rumah, berpotensi membawa virus saat mereka pulang ke rumah. Lantas hal apa saja yang harus dilakukan ketika seseorang kembali ke rumah?

Inilah upaya yang wajib Anda lakukan, sebelum masuk ke rumah untuk mencegah penularan Covid-19:

Mengelola Masker Bekas Pakai dengan Tepat

Pada protokol pencegahan penularan Covid-19, masyarakat diwajibkan menggunakan masker saat bepergian. Setelah sampai di rumah, Anda wajib melepaskan masker sesuai dengan protokol yang telah ditentukan oleh WHO, yakni:

1. Cuci tanganlah terlebih dahulu menggunakan sabun dan air mengalir, sebelum melepas masker.

2. Lepaskan tali dari belakang telinga, sambil menjauhkan masker dari wajah dan pakaian Anda.

3. Hindari menyentuh permukaan masker, yang mungkin sudah terkontaminasi virus.

4. Jika Anda menggunakan masker medis sekali pakai, pastikan Anda menggunting atau merobek masker terlebih dahulu, lalu masukkan ke kantung plastik dan segeralah buang  ke tempat sampah.

5. Jika Anda menggunakan masker kain, maka Anda perlu segera mencuci dan merendam masker dengan detergen.

6. Setelah menyentuh dan membuang masker, pastikan Anda mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir atau gunakan cairan antiseptik.

Menyemprotkan Seluruh Benda yang Habis digunakan dengan Cairan Desinfektan

Anda wajib menyemprotkan seluruh benda yang dibawa pergi, dengan menggunakan cairan desinfektan sebelum dibawa masuk ke dalam rumah. Hal tersebut dilakukan agar virus yang menempel pada benda-benda tersebut, dapat mati sebelum menyebar ke benda lain yang berada dalam rumah.

Lepaskan Alas Kaki Sebelum Masuk ke dalam Rumah

Alas kaki yang Anda gunakan untuk bepergian, berpotensi menjadi tempat berkumpulnya virus. Maka, untuk mengurangi risiko penyebaran virus pada lantai rumah, Anda harus melepaskan alas kaki sebelum masuk ke dalam rumah.

Mencuci Tangan dengan Sabun dan Air Mengalir

Sebelum memegang benda lain yang berada di dalam rumah, sebaiknya Anda mencuci tangan terlebih dahulu menggukan sabun dan air mengalir. Alangkah baiknya jika Anda menyediakan tempat cuci tangan atau cairan antiseptik di halaman luar rumah, agar ketika masuk ke dalam rumah, tangan sudah dalam keadaan bersih. Namun, jika tidak memungkinkan, Anda tetap bisa mencuci tangan di dalam rumah dengan catatan tidak menyentuh benda-benda yang ada di dalam rumah.

Melepaskan Seluruh Pakaian dan Segera Mandi

Sebelum melanjutkan aktivita, pastikan Anda melepaskan seluruh pakaian yang habis digunakan setelah bepergian, lalu mandi. Bila memungkinkan, segeralah cuci dan rendam pakaian Anda menggunakan detergen.

Bertemu Keluarga

Setelah semua upaya pencegahan penularan Covid-19 di dalam rumah, telah dilakulan, Anda baru dapat menyapa keluarga, bersantai-santai dan beristirahat. Sayangi dan lindungi keluarga Anda, dengan melakukan upaya pencegahan penularan Covid

(Ditulis oleh: Fitrah Azizah, Mahasiswa Sarjana Kesehatan Masyarakat – Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Indonesia Maju, Jakarta)

Pic: freepik

8 thoughts on “Cegah Covid-19 Masuk ke dalam Rumah dengan Melakukan Upaya ini

  1. Wah ini point-point nya bener2 dibutuhkan untuk reminding kalo ternyata covid memang msh ada dan gak lalai jaga kebersihan. 👍

  2. Dear covid-19 please lha pergi capek tau ga si dirumah doang setahun, rebahan yang tadinya hobi udah jadi bakat yang terpancar ni ah elah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *