Female, Gaya Hidup, Generasi Milenial, Gizi, Hipertensi, Kesehatan, Mahasiswa, Remaja, Tugas Kuliah

Bahaya Merokok Bagi Kesehatan

Tahukah anda bahaya merokok bagi kesehatan?

Seperti yang telah kita ketahui, menurut wikipedia rokok adalah suatu benda yang terbuat dari kertas berbentuk silinder dan berukuran panjang antara 70 mm hingga 120 mm (bervariasi tergantung negara) yang berisikan daun tembakau dan sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh. 

Walaupun di kemasan rokok sudah tercantum tentang bahaya dari merokok, tetapi masih banyak saja laki-laki maupun perempuan yang mengkonsumsinya. Bahaya yang disebabkan oleh rokok antara lain, kanker paru-paru, serangan jantung, dan juga dapat menyebabkan kegagalan janin, maka dari itu rokok sangat tidak dianjurkan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Bukan hanya itu rokok juga sangat berbahaya dikonsumsi oleh semua kalangan terutama untuk anak-anak dibawah umur.

Baca Juga : Akibat PSBB Jalan ditutup, Akses jalan diberi palang dan banyak toko tutup

Diluar sana terdapat anak-anak dibawah umur yang mengkonsumsi rokok, padahal sudah jelas bahwa rokok mengandung nikotin yang berbahaya bagi kesehatan. Oleh karena itu, saya akan memaparkan bahaya merokok bagi kesehatan. Dalam satu batang rokok terdapat hingga 3.000 lebih bahan kimia yang sangat berbahaya untuk dikonsumsi. Bukan hanya para perokok aktif yang mendapatkan racun dari rokok, tetapi para perokok pasif pun juga dapat menerima racun-racun yang terkandung didalam rokok yang dihirup oleh orang sekitarnya.

Banyak para remaja diluar sana, baik laki-laki maupun perempuan yang merasa bahwa merokok adalah perbuatan yang dapat membuat dirinya lebih gaul walaupun mereka sudah mengetahui sendiri kandungan rokok tersebut. Untuk mensiasatinya, pemerintah bekerja sama dengan produsen rokok untuk menampilkan gambar-gambar yang menjijikan tentang penyakit apa saja yang akan ditimbulkan bagi perokok. Dengan gambar-gambar tersebut, pemerintah mengharapkan agar para konsumen yang terbiasa merokok dapat mengurangi mengkonsumsi rokok bahkan tidak membeli rokok lagi.

Oleh : Mutiara Amanah, Depok 2021 (Mahasiswa STIKes Indonesia Maju)

Baca dan Kunjungi :

Tantangan dan Peluang Profesi Rekam Medis dan Informasi Kesehatan di Era Globalisasi

Penerimaan Mahasiswa Baru STIKes Indonesia Maju Gelombang 4 T.A 2021/2022

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *