Anak, Gaya Hidup, Kesehatan, tips

Tips Menjaga Kesehatan Anak saat New Normal

Saat ini kebijakan New Normal sudah berlaku di berbagai wilayah. Dikutip dari kompas.com (05/06/2020) yang ditulis oleh Dian Reinis menyatakan bahwa, meski saat ini Virus Corona belum menghilang, pemerintah secara bertahap sudah memberlakukan masa transisi normal baru per juni 2020. Normal baru merupakan kehidupan baru yang harus dijalani masyarakat, dengan mengikuti protokol kesehatan untuk mencegah dan terhindar dari Covid-19.

Pada akhirnya, masyarakat perlu membiasakan diri dengan hidup berdampingan dengan virus, mengingat pandemi Covid-19 ini belum juga terlihat akan berakhir. Masyarakat perlu menjaga kesehatan untuk menghadapi kebijakan baru, yang mana memperbolehkan masyarakat yang berusia dibawah 45 tahun untuk kembali beraktivitas.

Orang tua yang sudah kembali bekerja, dikhawatirkan berpotensi membawa Virus Corona dari luar rumah. Oleh karena itu, penting menjaga kesehatan anak, sehingga anak dapat terhindar dari infeksi virus Covid-19.

Diukutip dari klikdokter.com, dr. Muhammad Isman S. menjelaskan terdapat beberapa hal-hal yang dapat lakukan, untuk mencegah dan mengatasi berbagai kondisi kesehatan pada anak selama masa new normal:

Lakukan Berbagai Aktivitas bersama Anak

Buatlah jadwal untuk melakukan aktivitas bersama dengan anak, seperti belajar, bermain, atau bahkan beres-beres rumah. Hal ini penting dilakukan untuk menghindarkan mereka dari rasa bosan, sekaligus mencegah anak dari menggunakan gadget terlalu lama.

Batasi Interaksi dengan Orang Lain

Penularan Covid-19 sangatlah mudah melalui person-to-person. Oleh karena itu, dengan membatasi interaksi langsung mereka dengan orang lain, terutama orang yang memiliki gejala menderita Covid-19 seperti batuk dan pilek, berarti Anda sudah menjaga anak dari penularan penyakit tersebut.

Jaga Sistem Imun

Jalan terbaik untuk mencegah penyakit adalah dengan menjaga daya tahan tubuh anak. Berikanlah makanan bergizi seimbang, serta pastikan mereka memiliki waktu tidur yang cukup.

Cuci Tangan

Rajinlah mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir minimal 20 detik, untuk membunuh bakteri dan virus yang menempel di tangan. Lakukan ini terutama setelah menyentuh benda-benda asing, serta sebelum menyentuh makanan dan wajah.

Mengunakan Masker

Penting sekali mengunakan masker saat bepergian keluar rumah, untuk mencegah penularan Covid-19. Hal ini untuk menghindari diri dari orang yang terinfeksi virus, namun tidak memiliki gejala apa pun.

Itulah berbagai tips menjaga kesehatan anak, selama masa new normal. Lakukan beberapa tips yang telah dijelaskan untuk menjaga anak tetap sehat dan aktif. Semoga bermanfaat!

(Ditulis oleh: Meilla Mayasdita, Mahasiswa Sarjana Kesehatan Masyarakat – Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Indonesia Maju, Jakarta)

Pic: unsplash/ Progressive Insurance

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *