Gaya Hidup, Kesehatan, tips

7 Tips Menjaga Berat Badan Tetap Ideal di Era Pandemi Covid-19

Negara Indonesia sudah memasuki masa transisi dari Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) ke era New Normal. Walau terdapat kebijakan baru yakni new normal, sebagian besar masyarakat tetap dianjurkan untuk berada di dalam rumah, terhitung sejak Pandemi Covid-19 melanda. Upaya pemerintah tersebut dilakukan untuk menghambat penyebaran Virus Corona.

Mulai dari pekerja hingga anak-anak sekolah tetap melanjutkan aktivitasnya, namun dari rumah. Kebijakan untuk tetap di rumah memberikan keuntungan tersendiri, seperti tak perlu mengeluarkan biaya transportasi dan makan siang. Namun jika dilakukan dalam waktu jangka panjang, hal ini akan menimbulkan berbagai masalah, salah satunya yakni bertambahnya berat badan karena minimnya ruang gerak.

Menurut pakar Jaclyn Reutens, terbatasnya ruang gerak cenderung menyebabkan nafsu makan semakin bertambah. Para pekerja yang bekerja dari rumah akan lebih leluasa untuk memilih makanan yang dinginkan, sehingga mempengaruhi berat badan pekerja.

Reutens menambahkan bahwa rumah dinilai tempat aman dan nyaman, dengan berada di rumah tentu membuat seseorang lebih mudah menjangkau makanan. Belum lagi jika jenis cemilan yang dipilih mengandung MSG dan berglukosa tinggi, bahan tersebut dapat menaikkan berat badan dan tentunya tidak sehat, bila dikonsumsi secara terus-menerus.

Berikut adalah tips yang dapat dilakukan untuk menjaga berat badan tetap ideal di saat pandemi Covid-19:

  1. Tetap berolahraga, minimal 30 menit sehari.
  2. Minum air putih minimal 8 gelas per hari.
  3. Hindari makanan cepat saji.
  4. Hindari mengkonsumsi alkohol dan makanan manis.
  5. Banyak mengkonsumsi buah dan sayur.
  6. Hindari konsumsi karbohidrat yang berlebihan.
  7. Perbanyak konsumsi protein untuk mempertahankan rasa kenyang lebih lama.

(Ditulis oleh: Dhea Sindy Qhodri, Mahasiswa Sarjana Kesehatan Masyarakat – Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Indonesia Maju, Jakarta)

Pic: freepik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *