artikel, Generasi Milenial, Komunikasi, Pelatihan, Pendidikan, webinar

WEBINAR PELATIHAN CORPORATE PUBLIC RELATION GUNA MENARIK PEMBACA DI MEDIA ONLINE Detik.com

Barliana Lukitawati

Pada sebuah perusahaan bahwa tanggungjawab seorang public relations sangat diperlukan dengan tujuan membina hubungan yang baik dengan stakeholder termasuk dengan wartawan atau media massa. Seperti yang dikemukakan Cutlip, Center, Broom (dalam Kriyantono, 2008: 5) yang mengatakan bahwa public relations merupakan fungsi manajemen yang membangun dan mempertahankan hubungan yang baik dan bermanfaat antara organisasi dengan publik yang mempengaruhi kesuksesan dan kegagalan organisasi tersebut.

Media massa merupakan salah satu sarana yang paling ampuh untuk mendukung kegiatan public relations. Kekuatan media massa dapat membentuk opini terhadap ide atau gagasan di ruang publik. Bagi seorang public relations memiliki kemampuan menciptakan hubungan yang harmonis dengan media massa adalah salah satu kesuksesan. Media massa dan public relations sebagai mitranya tidak dapat dipisahkan satu sama lain. Setiap lembaga atau instansi yang menginginkan publisitas dan citra positif atau dengan istilah branding. Oleh karena itu, kemampuan media massa tidak dapat diremehkan dalam menjangkau dan mempengaruhi khalayak. Sebab, dapat dikatakan bahwa pesan yang disampaikan dalam media adalah elemen fundamental dalam pekerjaan kehumasan (Danandjaja, 2011: 153- 154). Kegiatan yang dilakukan public relations dalam membangun hubungan dengan media massa sering disebut dengan media relations

Salah satu tujuan adanya kegiatan tersebut yaitu untuk mendukung public relations dalam melakukan publikasi di media massa secara maksimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *