Gaya Hidup, Gizi, Kesehatan, Makanan, tips

Tetap Sehat di Masa Pandemi Covid-19 dengan Konsumsi Makanan yang Baik dan Benar

Semenjak wabah Virus Corona ditetapkan menjadi pandemi, pergerakan masyarakat menjadi terbatas. Berbagai kegiatan pun harus dilakukan di dalam rumah. Keadaan tidak jauh berbeda, walau sudah memasuki era New Normal. Masyarakat diminta untuk tetap berada di rumah untuk meminimalir lonjakan angka kasus.

Sebetulnya momen berada di dalam rumah ini, bisa digunakan untuk mengubah pola makan dan hidup menjadi lebih sehat. Manfaatkan masa ini, dengan mengubah asupan makanan yang baik untuk tubuh. Rutinitas ini bisa menjadi detoks bagi tubuh.

Berikut ini tips mengkonsumsi makanan yang baik dan benar pada saat pandemi Covid-19, menurut Hasan Harley yang dikutip dalam laman P2PTM Kementerian Kesehatan:

1. Makan dengan Komposisi Zat Gizi yang Lengkap

Konsumsilah makanan dengan komposisi zat gizi yang lengkap, guna memenuhi asupan nutrisi. Dalam setiap sesi makan, usahakan separuh bagian piring makan berisi buah dan sayur-sayuran. Separuh piring lainnya berisi karbohidrat dan protein.

2. Makan Lebih Banyak Buah dan Sayur

Manfaat buah dan sayur dapat memenuhi kebutuhan vitamin, mineral, dan serat bagi tubuh. Usahakan untuk memilih buah dan sayuran segar, daripada buah dan sayuran beku atau kalengan. Nutrisi dalam buah dan sayuran segar, lebih tinggi daripada produk olahan (kaleng atau beku). Di luar jam makan utama, konsumsilah buah dan sayur sebagai cemilan atau camilan sehat.

3. Batasi Asupan Lemak, Gula, dan Garam

Sebagian besar masyarakat menggunakan makanan sebagai pelampiasan, saat merasa stres dalam menjalani hari di tengah pandemi. Akibatnya, konsumsi lemak, gula, garam, dan kalori jadi tidak terkontrol. Cobalah untuk batasi konsumsi lemak, gula, dan garam sesuai rekomendasi harian yakni:

  • Gula: 4 sendok makan atau 50 gram atau 200 kkal
  • Garam: 1 sendok teh atau 5 gram atau 2.000 miligram natrium
  • Lemak: 702 kkal atau 5 sendok makan atau 67 gram

Rekomendasi tersebut berlaku untuk orang dewasa sehat dengan aktivitas sedang.

4. Penuhi Kebutuhan Cairan

Jaga tubuh agar tidak dehidrasi dengan minum air putih setidaknya 6-8 gelas per hari. Mencukupi kebutuhan cairan tubuh juga penting untuk menjaga daya tahan tubuh. Usahakan untuk tidak mengonsumsi minuman yang banyak mengandung gula seperti soda, minuman dalam kemasan, dan minuman tinggi gula lainnya.

5. Jaga Kebersihan Makanan

Kendati Covid-19 adalah penyakit yang utamanya menyerang saluran pernapasan, namun Anda tetap wajib peduli pada keamanan pangan. Selama ini, memang belum ada bukti penyakit bisa menyebar lewat makanan.

Akan tetapi, Anda tetap perlu melindungi diri dari penyakit dengan tetpa menjaga asupan selalu higienis, memisahkan makanan mentah dan matang, memasak makanan sampai matang sempurna dan gunakan air dan bahan baku yang aman dan bersih.

Selain menjaga pola makan sehat bergizi dan seimbang, praktikkan cara mencegah penularan Virus Corona, dengan rajin mencuci tangan pakai sabun dan tetap tinggal di rumah. Bila terpaksa harus ke luar rumah karena ada kepentingan mendesak, selalu gunakan masker dan jaga jarak aman dengan orang sekitar minimal dua meter.

(Ditulis oleh: Suci Muhavillah, Mahasiswa Sarjana Kesehatan Masyarakat – Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Indonesia Maju, Jakarta)

Pic: unsplash/ @brookelark

12 thoughts on “Tetap Sehat di Masa Pandemi Covid-19 dengan Konsumsi Makanan yang Baik dan Benar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *