Gadget, Smartphone, Teknologi

Pilih Mana, Android atau iOS?

(Oleh: Ns Agus Pu)

Assalamualaikum Sobat Pakem, kali ini penulis akan membahas perbandingan antara Operating System pada Android dan iOS (red: Os Apple). Sobat Pakem, ketika kita akan membeli Smartphone maka tentu kita akan sesuaikan dengan kebutuhan kita dan yang tidak akan dilupakan adalah dari segi budget kita dong, ketika bijak dalam memilih maka akan ada kepuasan tersendiri bagi kita dan itu yang dirasakan oleh penulis. Yuk kita bahas perbandingannya:

HARGA

Tidak terbantahkan lagi bahwa iOS Apple adalah smartphone dengan harga selangit dari semenjak diluncurkan, salah satunya adalah yang dapat kita lihat pada tahun ini setelah muncul iPhone XS Max yang terbaru dengan storage 64GB saja seharga 19 jutaan, sangat fantastis untuk ukuran harga sebuah smartphone, mari kita bandingkan dengan produk Android keluaran Samsung terbaru, Samsung Galaxy Note 9 dengan RAM 6GB dan Storage 128GB mulai dari harga 13 jutaan, belum lagi kita berbicara harga flagship Xiaomi yang harganya jauh dibawah harga Samsung, jadi artinya dengan spesifikasi yang tidak jauh berbeda Android lebih unggul daripada iOS pada masalah Harga. Pemenang: Android.

APLIKASI/ SOFTWARE

Sekarang mari kita bandingkan bagaimana aplikasi-aplikasi pendukung di kedua OS ini. Untuk masalah aplikasi Android memiliki market yang namanya Google PlayStore dan iOS memiliki AppStore, dari antar muka jelas sangat tampak perbedaannya dan kalau kita lihat dari segi angka jumlah aplikasi yang ada di Google PlayStore berjumlah 3,5 juta sedangkan pada iOS sekitar 2,2 juta, jadi kita lihat bahwa Android memiliki keunggulan dari segi kuantitas aplikasi meskipun pengukuran ini tidak sepenuhnya kita telan bulat, karena sudah tentu kita hanya menggunakan beberapa aplikasi saja jadi tidak begitu mempengaruhi. Tapi iOS jangan dipandang sebelah mana, hampir sebagian besar developers iOS lebih menguntungkan dari pada Android. Oleh sebab itu, bisaanya iOS selalu mendapatkan update-update aplikasi paling terbaru dan terlebih dahulu daripada Android. Google PlayStore memang memiliki presentasi aplikasi gratis terbanyak tapi game seluler terbaik masih mendarat di iOS terlebih dahulu biasanya, jadi kesimpulannya iOS menang tipis atas Android. Pemenang: iOS.

DAYA TAHAN BATERAI

Dari segi daya tahan baterai memang diantara keduanya tidak bisa dibandingkan kecuali dengan Smathphone Android tertentu vs dengan Smarthphone iOS tertentu. Secara umum, jika kita perhatikan Android lebih berani memberikan kapasitas baterai yang besar dengan quick charging dibandingkan iPhone yang memiliki kapasitas baterai yang lebih kecil, tetapi jangan lupa bahwa manajemen iOS lebih ringkas dan tidak boros energy daripada Android. Jadi penulis menyimpulkan Android menang tipis dari iOS. Pemenang: Android.

UPDATE OS

Apple iOS lebih konsisten menawarkan pembaruan perangkat lunaknya dan pembaruan keamanan dari pada Android, kecuali Sobat Pakem sekalian membeli Android Google Pixel. Dari hasil survey menyatakan bahwa iOS 11 hampir 89,82% berjalan disemua produk iOS sekarang, sedangkan pada OS Android terbaru yaitu Oreo 8.1 hanya 0.8% smartphone yang menjalankan versi ini. Jadi jika kita menginginkan fitur terbaru dan keamanannya selalu update jawabannya adalah pilihlah iOS. Pemenang: iOS.

CUSTOMISASI

Customisasi inilah yang menjadi senjata utama Android, sangat mudah untuk menerapkan tema-tema tertentu atau launcher tertentu pada smartphone Android, Sobat Pakem juga bisa menambahkan widget-widget yang diinginkan dengan leluasa, bahkan sobat bisa meng-custom Androidnya dengan cara root atau custom room tapi dengan resiko akan kehilangan garansi. Mari kita bandingkan dengan iOS yang hanya bisa mengganti wallpaper saja untuk customisasinya, widget-widgetpun sangat terbatas, kecuali sobat melakukan jailbreak yang tidak dilegalkan oleh pihak Apple dan dengan resiko tidak akan mendapatkan update iOS terbaru, jadi jelas jagoannya adalah Android. Pemenang: Android.

AKSESIBILITAS

Persepsi bahwa Android lebih rumit dari iOS memang ada benarnya, meskipun produk tertentu sudah menawarkan opsi “mode mudah” dalam perangkatnya yang berguna ketika smartphone tersebut dipakai oleh orang tua meskipun Android dilengkapi dengan Google Assistent, tetapi iOS punya hal yang jauh lebih superior dari Android yaitu tampilan antar muka yang simple, apalagi kalau bukan “SIRI”, siri adalah aplikasi bawaan Apple Phone yang dapat mengerjakan semua aktivitas dengan perintah suara termasuk membuka aplikasi, menulis pesan, dan banyak lainnya. Jadi pada poin aksesibilitas pemenangnya adalah iOS. Pemenang: iOS.

CLOUD

Pada zaman sekarang tidak dapat dipisahkan lagi antara cloud secara online dengan penyimpanan sebuah smartphone, sehingga terdapat sebuah peranan penting antara kapasitas cloud dengan efektifitas sebuah smartphone, Android memiliki cloud google drive dengan kapasitas penyimpanan gratis adalah 15GB sehingga untuk menyimpan file-file dokumen sudah lebih dari cukup untuk ukuran sebuah smartphone, kemudian jika sobat pakem ingin menambah lagi kapasitasnya sobat harus mengeluarkan sekitar $2 perbulan dengan kapasitas 100GB. Untuk icloud sendiri sobat pakem sudah diberikan cloud yang lebih kecil dalam versi gratis yaitu sekitar 5GB dan tentu bisa di upgrade ke 50GB/bulan dengan biaya $1, atau $2 untuk 100GB. Sehingga untuk cloud secara online kita simpulkan seimbang. Tetapi untuk penyimpanan internal sendiri apple hanya menyiapkan memory internal tanpa dukungan eksternal memory dengan kapasitas mulai 16GB sampai yang terbaru 512GB. Sangat berbeda dengan kebanyak Android penyimpanan internal mereka masih support dengan penyimpanan eksternal, sehingga dalam hal ini Android lebih diunggulkan. Jadi kesimpulan umum Android menang tipis dari IOS. Pemenang: Android.

KEAMANAN

Dari segi keamanan siapa yang meragukan Apple dalam hal ini, ketika iCloud terkunci maka sobat tidak akan pernah bisa membukanya kecuali oleh si pemiliknya bahkan dengan software tercanggih sekalipun kecuali Sobat Pakem ambil sparepart-nya sebagai kloningan dan itu tidak dilegalkan. Berbeda ketika Android sobat hilang, meskipun sobat sudah memakai kunci keamanan fingger print atas passcode maka Android sobat masih bisa diflash ulang dengan software yang baru. Jadi kesimpulan dalam hal ini iOS menang telak atas Android. Pemenang : iOS.

PERFORMA

Berbicara mengenai performa, maka Sobat Pakem harus melihat jenis gadget yang sobat pakai, kalau misalkan penulis memakai iPhone x maka penulis akan komparasikan dengan Samsung Note 9, secara performa hampir semua sama tapi harus diakui bahwa manajemen RAM di iOS sangat efektif daripada sistem Android yang cukup boros RAM, bahkan iPhone 5s yang cukup jadul masih sanggup menjalankan aplikasi-aplikasi teranyar pada tahun ini bahkan dengan RAM yang hanya 1GB, berbeda sekali dengan Android dengan kapasitas RAM 1GB lainnya pasti akan banyak lag sana sini ketika menjalankan aplikasi terbaru tahun ini. Ini adalah hasil pengalaman penulis sendiri dalam menggunakan iOS dan Android, jadi untuk performa sudah pasti jagonya adalah iOS. Pemenang: IOS.

 

Nah, Sobat Pakem sudah tahu kan kelebihan dan kekurangan masing-masing OS, kalau sobat ingin memiliki smartphone dengan harga yang murah dan ingin custom secara bebas dan performa yang lumayan maka pilihannya adalah Android, tapi jika sobat adalah seseorang yang mementingkan performa dengan sedikit mengorbankan customisasi dan memiliki keamanan tertinggi serta memiliki budget lebih maka penulis sarankan pilihlah iOS, sekian dari penulis semoga memberikan manfaat.

 

(Ilustrasi gambar: Flickr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *