artikel

PHBS DAPAT MENGURANGI KEJADIAN DIARE

Sejumlah dosen dan mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Indonesia Maju (STIKIM) Jakarta mengadakan pengabdian mesyarakat di Binaan Puskesmas Jagakarsa dengan tema PHBS Dapat Mengurangi Kejadian Diare

PHBS merupakan kependekan dari Prilaku Hidup Bersih dan Sehat, PHBS sangat penting dikehidupan kita sehari hari agar tidak mudah sakit dan menjadi sehat.

Salah satu indikator PHBS adalah mencuci tengan, tangan merupakan organ tubuh yang paling vital untuk menunjang aktivitas sehari hari karna itu tangan bisa menularkan berbagai macam penyakit.

Akibat tidak memperhatikan PHBS seperti mencuci tangan yaitu terkena penyakit diare, diare merupakan gangguan saluran pencernaan salah satunya yaitu disebabkan oleh perpindahan virus atau bakteri melalui tangan hingga masuk ke saluran pencernaan oleh makanan yang kita pegang.

Untuk mencegah bakteri atau virus masuk ke saluran pencernaan, ada baiknya lakukan cuci tangan, khususnya sebelum dan sesudah makan

“ kami mengajak masyarakat Binaan Puskesmas Jagakarsa untuk melakukan Prilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS)  karna banyak sekali manfaat dari PHBS ini, salah satunya terhindar dari penyakit Diare” Kata Ketua Pengabdian Masyarakat

Dia berharap dengan kegiatan pengabdian masyarakat ini dapat menyadarkan masyarakat akan pentingnya Prilaku Hidup Bersih dan Sehat dan menggerakan masyarakat untuk bergotong royong dan selalu mencuci tangan.

Pengabdian kepada masyarakat telah dilakukan oleh dosen dan mahasiswa Prodi Ners STIKI pada tanggal 11 Mei 2018 di daerah binaan Jagakarsa, Jakarta Selatan. Menurut dosen Prodi Ners STIKIM Ns. Weslei Daeli, M.Kes pendidikan PHBS  sangat penting diajarkan kepada masyarakat secara berkelanjutan dan terbimbing agar terbentuk perilaku sehat yang menetap sehingga kejadian diare dapat dicegah dan tidak terjadi lagi. Akan tetapi tetap dibutuhkan penguatan dari berbagai pihak termasuk keluarga, nakes dan lingkungan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *