artikel, Generasi Milenial, Komunikasi, Pelatihan, Pendidikan

PELATIHAN CORPORATE PUBLIC RELATION DI Blanja.com

Veronika Setyadji

Public Relations merupakan satu divisi yang kini sering dibicarakan. Persaingan bisnis yang semakin ketat membuat perusahaan harus lebih banyak membuat strategi agar lebih banyak menarik konsumennya. Perusahaan yang mampu bertahan dalam persaingan bisnis yang semakin kuat itulah yang dianggap pemenang.

Menarik perhatian konsumen tidaklah pekerjaan yang mudah. Perusahaan harus bekerja keras dan mempunyai strategi yang matang untuk dapat mencapainya. Divisi Public Relations merupakan divisi yang penting untuk membantu perusahaan dalam mencapai kesuksesan tersebut. Public Relations sangat dibutuhkan oleh perusahaan yang ingin bertahan untuk memenangkan persaingan bisnis. Dengan didukung divisi Public Relations, suatu perusahaan akan sangat terbantu dalam berhubungan dengan stakeholdernya. Salah satu kunci utama kesuksesan suatu perusahaan adalah ketika berhasil membentuk corporate image yang positif kepada para stakeholder dari perusahaan tersebut. Public Relations memiliki tanggung jawab atas penyampaian informasi secara lisan, tertulis, melalui gambar (visual) kepada publik, supaya publik  mempunyai pengertian yang benar tentang organisasi atau perusahaan, tujuan, serta kegiatan yang dilakukan (Rumanti, 2002:39). Ini membuktikan bahwa Public Relations sangat berpengaruh untuk menjalin hubungan baik terhadap publiknya baik internal maupun eksternal untuk menciptakan corporate image yang baik oleh publiknya. Komunikasi dapat dilakukan dengan presentasi company profile maupun tanya jawab secara langsung dengan Public Relationsnya. Keduanya memiliki cara yang berbeda, namun memiliki kaitan yang sama yaitu membangun corporate image kepada stakeholdernya.

Berbagai cara dapat dilakukan oleh Public Relations dalam membentuk corporate image positif. Diantaranya melaui strategi komunikasi yang disampaikan kepada stakeholder yang datang berkunjung di lingkungan perusahaan (factory visit). Penyampaikan informasi yang efektif oleh Public Relations diharapkan mampu mengubah perspektif pihak stakeholder dalam penilaianya tehadap perusahaan. Komunikasi dan hubungan yang baik dengan stakeholder menjadi sebuah kewajiban agar perusahaan mampu untuk mencapai apa yang diharapkan. Komunikasi lisan dapat menjadi media organisasi yang paling efektif dan paling murah untuk menyampaikan informasi kepada publik (Moore, 2005:237).

Berkomunikasi dengan pengunjung serta menyampaikan informasi mengenai profil perusahaan (company profile) menjadi tugas dari divisi Public Relations. Kemampuan dari divisi Public Relations dalam penyampaian informasi perusahaan terhadap pengujung serta jawaban dari setiap pertanyaan yang muncul dari pengunjung merupakan keterampilan yang wajib dikuasai oleh divisi Public Relations.

Dalam setiap pesan dan informasi yang disampaikan oleh divisi Public Relations pada setiap pengunjung harus disampaikan secara terarah dan dipersiapkan agar komunikasi yang disampaikan dapat mengena dan mengubah persepsi pengunjung terhadap perusahaan yang lebih baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *