Generasi Milenial, Mahasiswa, Pendidikan, Remaja, tips

Catat, 6 Tips agar Belajar Tetap Efektif saat Pandemi COVID-19

(Ditulis Oleh: Suci Mayang Sari, Mahasiswa Sarjana Kesehatan Masyarakat – Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Indonesia Maju, Jakarta)

Virus Corona atau severe acute respiratory syndrome coronavirus 2 (SARS-CoV-2) adalah virus yang menyerang sistem pernapasan. Penyakit karena infeksi virus ini disebut COVID-19. Virus Corona bisa menyebabkan gangguan ringan pada sistem pernapasan, infeksi paru-paru yang berat, hingga kematian. Virus yang dikenal dengan nama virus Corona ini adalah jenis baru dari coronavirus yang menular ke manusia. Virus ini bisa menyerang siapa saja, seperti lansia (golongan usia lanjut), orang dewasa, anak-anak, dan bayi, termasuk ibu hamil dan ibu menyusui.

Infeksi virus Corona disebut COVID-19 (Corona Virus Disease 2019) dan pertama kali ditemukan di kota Wuhan, China pada akhir Desember 2019. Virus ini menular dengan sangat cepat dan telah menyebar ke hampir semua negara, termasuk Indonesia, hanya dalam waktu beberapa bulan.

Hal tersebut membuat beberapa negara menerapkan kebijakan untuk memberlakukan lockdown dalam rangka mencegah penyebaran virus Corona. Di Indonesia sendiri, diberlakukan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk menekan penyebaran virus ini.

Dikutip dari laman Alodokter, Coronavirus adalah kumpulan virus yang bisa menginfeksi sistem pernapasan. Pada banyak kasus, virus ini hanya menyebabkan infeksi pernapasan ringan, seperti flu. Namun, virus ini juga bisa menyebabkan infeksi pernapasan berat, seperti infeksi paru-paru (pneumonia).

Pandemi COVID-19 yang tengah melanda dunia memaksa masyrakat untuk berdiam di rumah atau “stay at home”, sehingga tidak dapat melakukan aktivitas seperti biasa, termasuk menuntut ilmu ke sekolah bagi para murid. Upaya mencerdaskan kehidupan bangsa harus di lakukan dengan metode baru yang inovatif, salah satunya dengan melakukan proses belajar mengajar secara online. Pembelajaran online merupakan hal baru dan menjadi tantangan tersendiri bagi sebagian besar murid, guru maupun orang tua.

Berikut tips agar belajar tetap efektif saat pandemid COVID-19, dikutip dari Quipper:

1. Jangan Stres

Stres adalah salah satu faktor utama yang sangat mempengaruihi semangat belajar! Jika Anda ingin memulai belajar, pastikan otak dan tubuh terkontrol dengan baik atau relax.

2. Time Management

Cara lain yang paling efektif  dalam meningkatkan semangat belajar adalah harus pintar mengatur waktu, agar semua yang dilakukan dapat terlaksanakan dengan baik.

Caranya adalah:

  • Buat daftar tugas yang harus di kerjakan
  • Kerjakan tugas selama 30 menit
  • Centang tugas yang sudah di kerjakan
  • Istirahatlah maximal 15 menit

Lakukan hal tersebut secara berulang sampai tugas selesai. Setelah itu istirahatlah sampai 30 menit atau lebih. Dan setelah itu lakukan aktivitas pengembangan diri kamu.

3. Rapikan Meja Belajar

Setelah menentukan waktu, cara selanjutnya ialah dengan merapikan meja belajar. Momen ini pun bisa sekaligus Anda gunakan untuk ajang bersih-bersih dan membuang benda-benda yang sudah tidak diperlukan. Pastikan meja belajar Anda cukup luas dan lengang supaya anda bisa belajar dan berkreasi dengan bebas. Sediakan juga tempat sampah di dekat meja belajar. Terakhir, supaya ada sedikit penyejuk, Anda bisa meletakkan tanaman hias atau aquarium kecil.

4. Cari Tahu Cara Belajar yang Sesuai

Cara belajar tiap orang itu berbeda-beda. Ada yang senang belajar sambil mendengarkan musik, ada yang butuh ketenangan, ada pula yang senang sambil ngemil.

Mencari tahu cara belajar yang sesuai dengan anda bisa menghindari dari kantuk atau rasa malas yang menyerang. Dengan bersantai dan rileks, belajar pun bisa jadi lebih efektif. Namun, pastikan cara belajar ini tetap bisa membuat Anda on track alias tidak terdistraksi. Hindarkan belajar sambil menonton TV, Film, dan membuka sosmed.

5. Belajar Bersama Teman

Pada zaman yang serba canggih seperti ini, belajar bareng teman juga tidak harus dengan ngumpul bersama. Anda bisa manfaatkan beragam aplikasi untuk video call.

Dengan belajar bareng teman-teman via video call, mungkin Anda jadi lebih semangat. Rasa kantuk dan bosan akan hilang. Tentukan jadwal belajar bersama teman Anda.

6. Minum Air Putih

Selain menyiapkan tempat, waktu, dan materi pelajaran, Anda juga harus menyiapkan fisik supaya bisa tetap fit selama waktu belajar. Untuk itu, jangan lupa selalu sediakan air putih, supaya konsentrasi tetap terjaga.

Tak hanya untuk konsentrasi, rutin minum air putih sebanyak minimal 8 gelas sehari pun bisa bikin anda sehat. Anda bisa menyiapkan air putih di botol minum besar supaya tidak bolak-balik ketika belajar.

Referensi:

  • Alodokter. (2020, Agustus 18). Retrieved from https://www.alodokter.com/virus-corona
  • Quepper. (2020, April 16). Retrieved from https://www.quipper.com/id/blog/tips-trick/7-cara-belajar-efektif-di-rumah-selama-pandemi-covid-19/

Pic: freepik

6 thoughts on “Catat, 6 Tips agar Belajar Tetap Efektif saat Pandemi COVID-19

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *