Gaya Hidup, Kesehatan, tips

5 Cara Efektif Cegah Penularan Covid-19 di Tempat Umum

Ditulis oleh: Lupita Ayuningsari (Mahasiswa Sarjana Kesehatan Masyarakat – Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Indonesia Maju, Jakarta)

Saat ini, berbagai negara tengah berperang melawan Virus Corona. Di Indonesia, korban akibat Virus Corona terus berjatuhan. Belum diketahui kapan pandemi ini akan berakhir. Berbagai negara tengah berupaya membuat vaksin Virus Corona, bahkan beberapa diantaranya sudah mulai melakukan uji coba vaksin pada manusia.

Negara Indonesia menjadi salah satu negara yang tengah berupaya untuk menghasilkan vaksin. Diperkirakan pada tahun 2021, vaksin Covid-19 sudah dapat diproduksi secara massal. Namun, jutaan masyarakat tidak dapat menunggu hingga vaksin tersedia, untuk kembali beraktivitas layaknya normal. Oleh sebab itu, dengan memasuki era new normal ini, penting menerapkan protokol kesehatan di tempat-tempat umum yang memiliki risiko tinggi penularan Covid-19.

Berikut ini beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mencegah penularan Covid-19 di tempat umum :

1. Physical Distancing/ Jaga jarak

Jaga yang aman minimal 1 meter dari satu orang dengan orang lain. Jaga jarak menjadi cara yang paling efektif menurunkan transmission rate atau angka penularan Covid-19. Terutama ketika berada di ruang publik, seperti transportasi umum.

2. Menggunakan Masker

Pada saat di luar rumah masyarakat wajib memakai masker guna mencegah penularan Covid-19. Meski tidak sepenuhnya efektif mencegah paparan virus, namun penggunaan masker ini tetap bisa menurunkan risiko penyebaran Virus Corona.

3. Selalu Membawa Hand Sanitizer

Cara paling sederhana namun efektif untuk mencegah penyebaran Covid-19, dengan menggunakan hand sanitizer pada saat setelah menggunakan toilet, setelah menyentuh hewan, permukaan sarana publik, membuang sampah, serta setelah batuk atau bersin.

4. Selalu Membawa Uang Non Tunai/ATM

Penularan Covid-19 bisa juga ditularkan melalui uang tunai, sehingga masyarakat dianjurkan untuk selalu membawa ATM atau E-Money lainnya, selama masa pandemi.

5. Membawa Peralatan Pribadi

Untuk mencegah penularan Covid-19, masyarakat dianjurkan membawa alat pribadi sesuai kebutuhan seperti peralatan ibadah, peralatan makan dll.

Pic: freepik

6 thoughts on “5 Cara Efektif Cegah Penularan Covid-19 di Tempat Umum

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *