BPJS, Kesehatan, Mahasiswa, Pendidikan

Reportase Kuliah Umum dan Bedah Buku ASKES 2018

Jakarta – Kegiatan Kuliah Umum dan Bedah Buku yang diadakan di Kampus Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Indonesia Maju (STIKIM), Jumat (7/12/18) bertema “Selamatkan Perasuransian Indonesia untuk Kesejahteraan Masyarakat” . Panitia kegiatan merupakan mahasiswa Program Diploma III Asuransi Kesehatan STIKIM. Kegiatan tersebut diisi oleh dua Narasumber yang ahli dibidangnya masing-masing yaitu dr. Bagus Satriya Budi, M.Kes sebagai pengisi Kuliah Umum berjudul “Strategi Pemasaran Asuransi Jiwa dalam Ketenagakerjaan Lebih Berdaya Magnit bagi Perilaku Pekerja Ketimbang Askes” dan Risky Kusuma Hartono, SKM, MKM, AAK sebagai pengisi acara bedah buku “Fraud dalam Dunia Asuransi Kesehatan”. Acara ini rencananya akan rutin terus diadakan setiap tahun oleh Program Diploma III Asuransi Kesehatan STIKIM.

Ringkasan Materi dr. Bagus: Pemberian materi diawali dengan faktor penyebab terjadinya kemiskinan yang melanda masyarakat. Faktor tersebut antara lain Kecelakaan Kerja, Sakit, Kematian, Pemutusan Hubungan Kerja (PHK), Pensiun dan Hari Tua. Berdasarkan faktor risiko tersebut maka munculah Program-program jaminan sosial seperti Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kesehatan (JK), Jaminan Kematian (JKm), Jaminan Pensiun (JP, dan Jaminan Hari Tua (JHT).

Menurut dr. Bagus, masyarakat cenderung lebih tertarik terhadap keuntungan yang ditawarkan oleh Jaminan Pensiun, Jaminan Hari Tua, dan Jaminan Kesehatan. Sedangkan masyarakat kurang tertarik terhadap program Jaminan Kematian dan Jaminan Kecelakaan Kerja. Namun seiring dengan naiknya jumlah angka kecelakaan kerja memicu kebutuhan keseluruhan program jaminan tersebut.

Pembicara kedua mengawali materi dengan pentingnya menulis dan menerbitkan buku. Pembicara memberikan tips dan kiat-kiat agar peserta khususnya mahasiswa mulai memiliki motivasi untuk menulis dan menerbitkan buku. Kesulitan yang akan dilewati oleh seorang penulis buku yaitu mulai menemukan ide untuk menulis buku, kesungguhan untuk menyelesaikan isi buku, dan melewati proses review dari editor penerbit buku. Mulai menulis buku sejak saat ini memiliki berbagai keuntungan. Selain karya kita dibaca oleh orang lain, juga dapat menjadi penghasilan tambahan bagi diri sendiri.

Pembicara kedua (Risky Kusuma Hartono) melanjutkan dengan makna desain cover buku Fraud dalam Dunia Asuransi Kesehatan yaitu sebuah gambar payung yang tidak sempurna dalam melindungi uang, sehingga uang tersebut dapat diambil oleh tangan-tangan jahat dari arah manapun. Isi buku tersebut terdiri dari 8 (delapan) bab. Bab buku membahas mulai dari definisi fraud dalam asuransi kesehatan hingga strategi pencegahan fraud.

Risky sekaligus penulis menyarankan agar perasuransian di Indonesia memanfaatkan kecanggihan teknologi untuk menganalisis klaim dan melakukan pelatihan statistik kepada para verifikator klaim asuransi kesehatan agar kasus fraud (kecurangan) dapat semakin ditemukan oleh para analis klaim. Buku yang dibahas merupakan buku pengantar sehingga lebih cocok digunakan untuk proses pengajaran perkuliahan.

Prospek pemasaran buku menurut pembicara dapat dipasarkan kepada perusahaan asuransi swasta, BPJS Kesehatan, mahasiswa program asuransi serta dosen atau peneliti di bidang perasuransian. (Kontributor: Agis Bernaldhi)

Materi Kuliah Umum dan Bedah Buku selengkapnya dapat diunduh pada link di bawah ini:

1. Materi Kuliah Umum

2. Materi Bedah Buku

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *