artikel, farmasi

PEMBUATAN SEDUHAN HERBAL DAUN TIN SEBAGAI ANTIOBESITAS PADA MASYARAKAT

Masyarakat Kampung Rambut rt.02/rw.001, Kelurahan Pasir Gunung Selatan adalah salah satu masalah kesehtan dimana cukup banyak masyarakat yang mengalami obesitas dan cara pencegahannya. Hal ini membuat dosen Farmasi beserta mahasiswa melakukan pengabdian kepada masyarakat mengenai pembuatan seduhan daun tin sebagai antiobesitas pada masyarakat dalam salah satu obat pencegahan obesitas tersebut.

Penggunaan tanaman tin di Indonesia mulai marak, bahkan beberapa industri mulai mengemas daun tin kering dalam bentuk kantong teh celup. Untuk memanfaatkannya, masyarakat seringkali menggunakan air mendidih pada proses penyeduhan.

Saat ini kegemukan merupakan masalah kesehatan di masyarakat karena dapat menyebabkan resiko penyakit degeneratif seperti diabetes militus tipe 2, tekanan darah tinggi, jantung, kanker, dan aterosklerosis. Selain itu dapat menurunkan produktivitas kerja dan sangat mengganggu penampilan, oleh karena itu orang yang kegemukan melakukan berbagai cara untuk menurunkan berat badannya dengan mengkonsumsi obat pelangsing sampai pembedahan serta gaya hidup yang tidak sehat seperti kurangnya aktivitas fisik dengan berolahraga, diet tinggi karbohidrat dan lemak, dapat menimbulkan timbunan lemak didalam tubuh terutama pada abdomen.

Penyuluhan yang dilakukan selama kurang lebih 2 jam tentang kegemukan dan obesitas yang meliputi definisi kegemukan dan obesitas, penyebab, faktor risiko kegemukan dan obesitas dilakukan melalui presentasi kemudian diikuti dengan diskusi, lalu tanya jawab. . Selain tentang obesitas, tim PKM juga memberikan penyuluhan mengenai seduhan daun tin. Pemateri menyampaikan presentasi terkait khasiat penggunaan seduhan daun Tin. Kegiatan ini dilakukan hari Kamis, 01 Desember 2019  dari pukul 09.00 WIB sampai dengan 14.00 WIB. Masyarakat menyambut antusias dengan banyak bertanya tentang manfaat daun tin lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *