artikel, karir, Komunikasi, Pelatihan, Pendidikan

PELATIHAN PENINGKATAN KETRAMPILAN “ EXCELLENT SERVICE” BAGI KARYAWAN RADIO MUSTANG

Seiring dengan bertumbuhnya kegiatan bisnis dan lingkungan bisnis, maka yang tidak dapat dihindarkan adalah persaingan di antara pelaku bisnis. Persaingan tersebut dialami oleh segala jenis usaha, baik usaha barang terlebih lagi usaha jasa. Ketatnya persaingan dalam perusahaan jasa dapat diatasi oleh perusahaan dengan menjaga kualitas jasa yang diberikan kepada pelanggan. Perusahaan jasa dituntut untuk terus menjaga dan meningkatkan pelayanannya kepada pelanggan-pelanggannya. Hal tersebut dibutuhkan, agar para pelanggan merasa nyaman dengan pelayanan yang diselenggarakan oleh perusahaan.

Pelayanan merupakan usaha melayani kebutuhan orang lain. Pengertian lebih luas disampaikan terkait dengan pelayanan yaitu usaha apa saja yang mempertinggi kepuasan pelanggan. Sedangkan pelayanan prima merupakan terjemahan istilah ”excellent service” yang secara harfiah berarti pelayanan terbaik atau sangat baik. Pelayanan Prima bisa dikatakan sangat baik atau terbaik karena sesuai dengan standar pelayanan yang berlaku atau dimiliki instansi pemberi pelayanan. Pelayanan pada dasarnya adalah kegiatan yang ditawarkan kepada konsumen atau pelanggan yang bersifat tidak berwujud. Kepuasan merupakan kunci keberhasilan dalam berbagai usaha atau kegiatan yang bersifat jasa. Peran pelayanan akan lebih besar dan bersifat menentukan manakala dalam kegiatan- kegiatan jasa di masyarakat itu terdapat kompetisi dalam usaha merebut pasaran atau langganan. Kompetisi antar organisasi/perusahaan seperti itu dapat menimbulkan dampak positif dalam organisasi perusahaan yaitu, mereka bersaing dalam pelaksanaan layanan melalui berbagai cara, teknik, dan metode yang dapat menarik lebih banyak orang untuk memakai jasa/produk yang dihasilkan oleh organisasi/perusahaan. Persaingan yang ada dalam organisasi/perusahaan (business) tidak hanya pada segi mutu dan jumlah tetapi juga dalam hal pelayanan. Oleh karena itu, penyedia layanan dituntut untuk memberikan pelayanan prima kepada pelanggannya agar tidak ditinggalkan. Kompetensi dalam masalah pelayanan juga menjadi hal yang sangat penting bagi pemerintah. Kompetensi berperan besar karena menyangkut kepentingan umum, bahkan kepentingan masyarakat secara keseluruhan. Pelayanan di mata masyarakat telah meningkat kedudukannya menjadi suatu hak yaitu, hak atas pelayanan yang harus diberikan kepada rakyat/masyarakat.

Pelayanan oleh pemerintah disebut juga dengan pelayanan publik. Pelayanan publik dapat diartikan memproses pelayanan kepada masyarakat /customer, baik berupa barang atau jasa melalui tahapan, prosedur, persyaratanpersyaratan, waktu, dan pembiayaan yang dilakukan secara transparan untuk mencapai kepuasan sebagaimana visi yang telah ditetapkan dalam organisasi. Tuntutan pelayanan prima saat ini tidak hanya berkembang di perusahaan-perusahaan penyedia jasa, namun juga telah berlaku di lingkungan sebagai penyedia jasa pelayanan publik. Masyarakat sebagai pengguna sarana publik.

Oleh Karena itu radio Mustang saat ini juga telah menerapkan pelayanan prima dalam setiap kegiatan pelayanannya.

Gambar 1 Pelaksanaan Peningkatan Ketrampilan “ Excellent Service” Bagi Karyawan Radio Mustang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *