Gaya Hidup, Generasi Milenial, Kesehatan, Makanan, Olahraga

Generasi Sehat, Generasi “Genduktif” (Generasi Produktif, Inovatif dan Kompetitif)

(Oleh: Jesy Fatimah, S.ST., M.Kes.)

Data dari Badan Pusat Statistik (BPS), Badan Perencanaan Pembangunan Nasional  (Bapenas) dan United Nations Population Fund (UNPFA) tahun 2013 memproyeksikan Indonesia pada tahun 2030 akan berada pada puncak tertinggi laju pertumbuhan penduduk dengan usia produktif yaitu usia 14-64 tahun sebesar 68,1% dari jumlah penduduk Indonesia. Berdasarkan data tersebut, pengelolaan program atau kebijakan yang berkaitan dengan kesehatan menjadi hal yang diprioritaskan, sebagai bentuk pemanfaatan adanya pertumbuhan laju penduduk usia produktif yang tinggi agar dapat berkontribusi nyata dalam pembangunan Indonesia dan mendukung daya saing bangsa Indonesia. Selain itu, pengelolaan program dan kebijakan kesehatan juga menjadi investasi masa depan bangsa Indonesia. Oleh karenanya kesuksesan kebijakan yang berkaitan dengan menjaga kesehatan masyarakat tidak terlepas dari partisipasi masyarakat itu sendiri.

Adapun contoh dari kebijakan kesehatan itu adalah Program Gerakan Masyarakat atau lebih dikenal dengan singkatan GERMAS. Program ini menitikberatkan pada upaya promotif dan preventif, seperti; mengatur pola makan, istirahat cukup dan memeriksakan diri secara rutin ke layanan kesehatan. Program ini dapat dilaksanakan oleh siapapun dan dimanapun serta dapat dimulai dari diri sendiri dan keluarga.

Lalu bagaimana kita menjadi GENDUKTIF (Generasi Produktif, Inovatif dan Kompetitif)? Untuk menjadi GENDUKTIF harus bermodal SEHAT. Yah, sehat, karena dengan kita menjaga kesehatan kita dapat menumbuhkan rasa optimis dan memiliki kekuatan dalam melakukan berbagai aktifitas yang mendukung terwujudnya target dan cita-cita kita, kita dapat terus berkarya, kita dapat terus berpikir atau menghasilkan gagasan-gasan baru dan banyak hal positif yang dapat kita lakukan. Produktif diberbagai bidang kehidupan, karena manusia yang produktiflah yang akan bertahan di panggung globalisasi sehingga kita menjadi bagian dari generasi yang kompetitif. Kehidupan yang kompetitif dan penuh tantangan itu memerlukan modal kemampuan manusia yang berkualitas terutama kesehatan.

Jadi faktor utama yang menentukan dan mewujudkan GENDUKTIF adalah diri kita sendiri dengan menjaga kesehatan dan menjadi pelopor kesehatan di lingkungan kita. Dengan kita menjaga kesehatan diri kita secara otomatis kita juga menjaga kesehatan keturunan kita kelak (terutama bagi wanita) karena akan menjadi ibu. Generasi sehat dilahirkan oleh Ibu yang sehat, begitu seterusnya. Jika hal ini terus berjalan, tentunya siklus kehidupan bangsa Indonesia akan sangat luar biasa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *