Anak, Gaya Hidup, Kesehatan, tips

Begini Cara Menjaga Imunitas pada Anak Selama Pandemi

Ditulis oleh : Sri Rahayu (Mahasiswa Sarjana Kesehatan Masyarakat – Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Indonesia Maju, Jakarta)

Wabah Covid-19 yang bermula dari Wuhan pada akhir tahun 2019 ini, kini sudah menyebar ke berbagai negara, termasuk Indonesia. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sudah menetapkan Covid-19 sebagai pandemi global pada bulan maret lalu. Virus ini bisa menyerang siapa saja tanpa pandang usia, termasuk anak-anak.

Menurut data resmi Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) pada anak 0-17 tahun hingga 15 Juni 2020, tercatat 3.064 anak terkonfirmasi menderita Covid-19, di mana 28 diantaranya meninggal dunia. Dokter spesialis anak dr. Diana Amilia Susilo SpA IBCLC mengatakan, meski usia anak-anak tidak memiliki risiko tinggi seperti orang lanjut usia, tapi penyebarannya tetap harus diwaspadai. Hal tersebut menandakan bahwa sistem kekebalan tubuh anak-anak yang masih dalam perkembangan, membuat mereka lebih rentan sakit dan tidak menutup kemungkinan berpotensi terkena Covid-19.

Terkait kondisi ini, orangtua harus memberikan perlindungan luar dan dalam pada anak, sembari terus memberikan edukasi tentang protokol kesehatan.

Berikut beberapa tips menjaga imunitas anak, untuk mencegah terinfeksi Covid-19:

1. Edukasi Sejak Dini untuk Menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat

Para orangtua dapat melakukan edukasi sejak dini seperti mengajak anak agar rajin cuci tangan, mandi setelah bepergian, menggunakan masker, menjaga jarak dan menerapkan protokol kesehatan.

Memang tidak mudah mengajak anak melakukan protokol kesehatan. Apalagi, di rentang usia tertentu, anak belum memahami betul apa yang sedang terjadi. Meski demikian, orangtua tidak boleh menyerah. Demi mengajarkan penerapan protokol kesehatan pada anak, orangtua harus kreatif dan membuat edukasi yang mudah diterima dan dipahami oleh anak. Orangtua bisa mengajarkannya dengan lagu dan tata bahasa yang mudah dicerna anak.

2. Pastikan Kebutuhan Nutrisi dan Cairannya Terpenuhi

Daya tahan tubuh bisa ditingkatkan melalui pemenuhan nutrisi. Sejatinya, nutrisi sendiri terdiri dari makro seperti karbohidrat, protein, serta lemak dan mikro yakni vitamin serta mineral. Kebutuhan nutrisi yang tercukupi akan membantu tubuh melawan sumber penyakit dan radikal bebas.

Kurangnya asupan nutrisi dapat membuat sel-sel dalam tubuh tidak bekerja dengan optimal dan menurunkan fungsinya sehingga bisa berdampak pada sistem imunitas. Maka penting sekali untuk memastikan kebutuhan nutrisi anak terpenuhi, termasuk omega 3, omega 6, vitamin (A, B, C, D, E), asam folat, zat besi, selenium, zinc, dan kalsium. 

Penuhi kebutuhan protein anak dari daging ikan, ayam, telur, biji-bijian, serta kacang-kacangan. Selain itu, biasakan juga anak Anda untuk konsumsi sejumlah makanan yang kaya akan nutrisi, yaitu buah-buahan, sayuran segar, produk yang mengandung gandum seperti roti, susu dan produk olahannya termasuk yogurt serta keju. 

Disamping nutrisi makro dan mikro, cairan juga merupakan komponen penting dalam tumbuh kembang anak. Dilansir dari Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), berikut ini merupakan kebutuhan cairan yang bisa didapatkan dari air mineral, susu, atau jus buah berdasarkan usia, yaitu:

  • Usia 0 – 6 bulan memerlukan cairan 700 mililiter (mL) per hari; 
  • Usia 7 – 12 bulan memerlukan cairan 800 mL/hari;
  • Usia 1 – 3 tahun memerlukan 1300 mL/hari; 
  • Usia 4 – 8 tahun memerlukan 1700 mL/hari; 
  • Usia 9 – 13 tahun memerlukan 2400 mL/hari (laki-laki) dan 2100 mL/hari (perempuan); serta
  • Usia 14 – 18 tahun memerlukan 3300 mL/hari (laki-laki) dan 2300 mL/hari (perempuan).

Selain asupan nutrisinya, kebersihan makanan anak juga patut diperhatikan. Pastikan proses pembersihan, pengolahan, sampai pada peralatan yang digunakan untuk masak, makan, serta minum selalu bersih.

3. Pastikan Anak Tidur Cukup Setiap Hari

Kurang tidur bisa menjadi faktor penyebab melemahnya daya tahan tubuh sehingga menjadi rentan sakit. Maka dari itu, istirahat cukup sangat dianjurkan untuk anak-anak, terlebih di masa pandemi ini. 

Di bawah ini adalah anjuran waktu tidur sesuai usia menurut Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, yakni:

  • Usia 0 – 1 bulan: 14 – 18 jam per hari.
  • Usia 1 – 18 bulan: 12 – 14 jam per hari.
  • Usia 3 – 6 tahun: 11 – 13 jam per hari.
  • Usia 6 – 12 tahun: 10 jam per hari.
  •  Usia 12 – 18 tahun: 8 – 9 jam per hari.
  • Usia 18 – 40 tahun: 7 – 8 jam per hari.
  • 41 – 59 tahun: 7 jam per hari.
  • Lansia > 60 tahun: 6 jam per hari

4. Hindari Keramaian

Di tengah pandemi Covid-19 dengan jumlah kasus di Indonesia yang terus meningkat, hindari anak dari tempat-tempat keramaian yang dapat menyebarkan virus, seperti pusat perbelanjaan, tempat bermain, supermarket dan tempat public lainnya.

Referensi :

  • Esti Widiyana.2020.Ini Tips Menjaga Imunitas Anak di Tengah Pandemi Corona. https://news.detik.com/berita-jawa-timur/d-5034269/ini-tips-menjaga-imunitas-anak-di-tengah-pandemi-corona.
  • Dian Reinis Kumampung.2020.Jumlah Anak Positif Covid-19 di Indonesia tinggi, Orangtua Harus Apa?. https://lifestyle.kompas.com/read/2020/07/04/230621120/jumlah-anak-positif-covid-19-di-indonesia-tinggi-orangtua-harus-apa?page=all.
  • dr. Irma Lidia.2020.Cara Menjaga Daya Tahan Tubuh Anak di Masa Pandemi. https://jovee.id/4-cara-menjaga-daya-tahan-tubuh-anak-di-masa-pandemi.
  • dr. Fitri Hidayati.2020.Menjaga Imunitas Anak. https://mamapapa.id/menjaga-imunitas-anak

Pict: freepik

54 thoughts on “Begini Cara Menjaga Imunitas pada Anak Selama Pandemi

    1. Terimakasih infonya ini sangat bermanfaat sekali. Apa lagi imunisasi itu harus dijaga terutama untuk anak-anak yang rentan

  1. Terimakasih infonya 🙏 sangat bermanfaat untuk saya yg mempunyai anak agar dapat menjaga sistem imun anak saya pada masa pandemic seperti ini.

  2. Terimakasih infonya ya, Imunitas adalah salah satu yang harus kita jaga apalagi sekarang yang keadaannya lagi pandemi. Kita harus menjaga Imunitas apalagi untuk anak yang masih dibawah umur karena mereka sangat rentan terhadap berbagai penyakit.

  3. WOOUWW…😯😯
    TERIMA KASIH ATAS INFO NYA INI SANGAT BERMANFAAT SEKALI, MEMANG SUDAH SEHARUSNYA KITA HARUS MENINGKATKAN IMUNITAS KITA, TERUTAMA PADA ANAK-ANAK, APA LAGI DI WABAH COVID-19 INI ITU SANGATLAH PENTING

    1. Wah senang sekali bisa dapat info seperti ini saya mendapatkan ilmu yg banyak tentang imunitas pada anak di masa pandemi ,sangat berguna sekali bagi saya

  4. Terimakasih infonya sangat bermanfaat apalagi saat masa pandemic ini , kita emang harus menjaga sistem imun terutama pada anak2 yang rentang terserang penyakit dan lbih bnyak main.

  5. Terimakasih infonya sangat bermanfaat untuk ibu yang memiliki anak kecil dan yg mempunyai adik untuk tetap menjaga imunitas anak apalagi saat pandemic ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *