Anak, artikel, Pendidikan, tips

ARTIKEL PENDIDIKAN KESEHATAN PENTINGNYA DONGENG DALAM MENINGKATKAN KUALITAS TIDUR PADA ORANGTUA DENGAN ANAK SEKOLAH

Berkomunikasi secara langsung dengan anak terbukti sangat baik untuk merangsang bagi berkembangnya daya berpikir kritis dan kreatif anak. Inilah kelebihan dari mendongeng yang tidak dapat tergantikan oleh media audio-visual sejenis televisi.

Aktivitas mendongeng merupakan bagian dari upaya pemberian stimulasi pendidikan kepada anak untuk merangsang pengembangan potensi kecerdasan anak secara menyeluruh. Hakikat dongeng adalah berkomunikasi. Mengomunikasikan sebuah cerita tentang hal-hal yang menghibur untuk anak-anak. Karena itu bagi anak-anak mendongeng adalah sebuah hiburan.

Dongeng adalah cerita fiktif yang bertujuan untuk menghibur dan mengandung nilai-nilai budi pekerti di dalamnya. Kegiatan mendongeng atau berceita adalah suatu media komunikasi yang ampuh dalam mentransfer ide dan gagasan kapada anak dalam sebuah kemasan menarik.

Mendongeng adalah salah satu instrumen pendidikan karakter bagi anak dan merupakan salah satu pendekatan yang dianggap sebagai gerakan utama dalam pendidikan karakter secara komprehensif. Dengan dongeng maka proses edukasi atau pendidikan karakter pada anak dapat dilaksanakan lebih dini dan memikat.

Kualitas tidur adalah ukuran dimana seseorang itu dapat kemudahan dalam memulai tidur dan untuk mempertahankan tidur, kualitas tidur seseorang dapat digambarkan dengan lama waktu tidur, dan keluhan – keluhan yang dirasakan saat tidur ataupun sehabis bangun tidur.

Kebutuhan tidur yang cukup ditentukan selain oleh faktor jumlah jam tidur (kuantitas tidur),juga oleh faktor kedalaman tidur (kualitas tidur).Pemenuhan kebutuhan tidur bagi setiap orang berbeda – beda , ada yang yang dapat terpenuhi dengan baik bahkan sebaliknya.

Lingkungan dapat meningkatkan atau menghalangi seseorang untuk tidur. Pada lingkungan bersih, bersuhu dingin, suasana yang tidak gaduh (tenang), dan penerangan yang tidak terlalu terang akan membuat seseorang tersebut tertidur dengan nyenyak, begitupun sebaliknya jika  lingkungan kotor, bersuhu panas, susana yang ramai dan penerangan yang sangat terang, dapat mempengaruhi kualitas tidurnya (Asmadi. 2008). Cemas dan depresi akan menyebabkan gangguan pada frekwensi tidur.

Pengabdian kepada masyarakat telah dilaksanakan oleh dosen dan mahasiswa Prodi Ners STIKIM pada tanggal 12 Juni 2018 di wilayah binaan Kecamatan Jagakarsa Jakarta Selatan yang dihadiri oleh 30 orang tua dan anak. Menurut dosen Prodi Ners STIKIM, Ns. Nur Eni Lestari, Sp.Kep.Anak, kegiatan mendongeng sangat penting dalam mendukung kualitas tidur pada anak-anak. Lebih baik kegiatan ini dibiasakan sehingga selain kualitas tidur yang baik, hubungan antara orang tua dan anak pun akan terjalin dengan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *