covid19, Gaya Hidup, Kesehatan

Tips Menurunkan Berat Badan Di Masa Pandemi Covid-19 (#dirumahaja)

(Ditulis oleh: Avni Wulandari, Mahasiswa Sarjana Kesehatan Masyarakat – Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Indonesia Maju, Jakarta)

Virus Corona atau Severe Acute Respiratory Syndrome Coronavirus 2 (SARS-CoV-2) adalah virus yang menyerang sistem pernapasan. Penyakit infeksi virus ini juga biasa disebut dengan akronim COVID-19. COVID-19 bisa menyebabkan gangguan ringan pada sistem pernapasan, infeksi paru-paru yang berat, hingga kematian. COVID-19 adalah jenis baru dari coronavirus yang menular ke manusia. Virus ini bisa menyerang siapa saja, seperti lansia (golongan usia lanjut), orang dewasa, anak-anak, dan bayi, termasuk ibu hamil dan ibu menyusui.

Infeksi virus Corona yang diistilahkan COVID-19 (Corona Virus Disease 2019) pertama kali ditemukan di kota Wuhan, China pada akhir Desember 2019. Virus ini menular dengan sangat cepat dan telah menyebar ke hampir semua negara, termasuk Indonesia, hanya dalam waktu beberapa bulan saja. Hal tersebut membuat beberapa negara menerapkan kebijakan untuk memberlakukan lockdown dalam rangka mencegah penyebaran virus Corona. Di Indonesia sendiri, diberlakukan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk menekan penyebaran virus ini.

Coronavirus adalah kumpulan virus yang bisa menginfeksi sistem pernapasan. Pada banyak kasus, virus ini hanya menyebabkan infeksi pernapasan ringan, seperti flu. Namun, virus ini juga bisa menyebabkan infeksi pernapasan berat, seperti infeksi paru-paru (pneumonia).

Ada sebagian besar orang, yang tetap semangat untuk memanfaatkan waktu di rumah saja dengan hal positif, yaitu dengan berambisi menurunkan berat badan secara alami, tanpa obat. Menurunkan berat badan harus disertai dengan niat, dan diimbangi dengan usaha yang harus terus fokus, tidak mudah menyerah dan komitmen. Tentunya, jika bersungguh-sungguh maka hasilnya akan indah. Tetapi harus sabar karena menurunkan berat badan secara alami tidaklah mudah, berikut beberapa tips yang telah dirangkum untuk menurunkan berat badan secara alami:

  • Tidur yang cukup

Waktu tidur yang cukup adalah 7-8 jam untuk orang dewasa. Hal ini sangat berpengaruh untuk tubuh kita, karena jika seseorang kurang mendapatkan jam istirahatnya, maka orang tersebut akan merasakan kantuk yang berlebihan disiang harinya dan akibatnya akan mengganggu aktivitas di siang hari. Walaupun dirumah saja selama masa pandemi tetapi sangat disarankan wajib untuk tidur dengan waktu 7-8jam perharinya agar badan tetap bugar.

  • Konsumsi Air Putih (Air Mineral)

Mengkonsumsi air putih sehari kurang lebih 8 gelas. Mengkonsumsi air putih akan membuat tubuh menjadi bugar. Selain itu, air putih baik untuk kesehatan tubuh apalagi untuk kita yang sedang melakukan penurunan berat badan.

  • Hindari Makanan Manis yang Berlebihan

Mengkonsumsi makanan manis boleh, tapi tidak berlebihan, usahakan peroleh manis dari bahan yang alami misalnya seperti buah, dan sayuran.

  • Mengurangi Makanan Siap Saji

Makanan siap saji seperti makanan kaleng, mie instan yang diolah dengan mudah tetapi kurang sehat untuk tubuh kita. Makanan siap saji sangat tidak disarankan untuk kita yang sedang melakukan penurunan berat badan.

  • Penyajian Makanan

Untuk cara penyajiannya lebih disarankan untuk merebus, mengukus, memanggang, karena dengan cara tersebut makanan akan lebih fresh dibandingkan bila digoreng, bila cara penyajian masih belum terbiasa dengan hal tersebut boleh perlahan asal pasti.

  • Berolahraga

Olahraga harus teratur, sehari minimal 30 menit. Pagi atau sore walaupun di rumah saja tetapi ini sangat disarankan karena badan harus bergerak, dan ada pembakaran lemak di dalam tubuh kita. Lakukan secara bertahap, jangan langsung diporsir sekali karena tubuh manusia tidak semua sama. Caranya bisa dengan latihan pasif, manfaatkan gadget dengan hal positif banyak gerakan yang bisa kalian contoh dan tidak membahayakan diri tentunya.

  • Puasa Senin – Kamis

Hal ini tidak untuk dipaksakan ya, buat kalian yang ingin mencapai target penurunan berat badan boleh dibarengin dengan melakukan puasa, selain ibadah, tanpa disadari membuat tubuh kita juga lebih sehat, jika kita sering melakukan hal ini tubuh akan terbiasa menahan nafsu makan dan lapar, jadi sudah terbiasa untuk tidak menuruti perut jika sudah lapar.

Semoga tips menurunkan berat badan di masa pandemi Covid-19 ini bermanfaat untuk kalian yang sedang ingin menuju sehat dan bonusnya timbangan berat badan menurun. (red)

9 thoughts on “Tips Menurunkan Berat Badan Di Masa Pandemi Covid-19 (#dirumahaja)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *