artikel, farmasi

SOSIALISASI DAMPAK PENCEMARAN LOGAM PADA BAHAN ALAM BAGI KESEHATAN

Pencemaran logam berat terhadap alam lingkungan merupakan suatu proses yang erat hubungan nya dengan penggunaan bahan tersebut oleh manusia sedangkan masih adanya yang belum mengetahui mengenai dampak dari pencemaran logam pada bahan alam.

Beberapa dosen dan mahasiswa program studi Farmasi mengadakan sosialisasi mengenai dampak dari pencemaran logam dalam mengedukasi para laboran dan mahasiswa farmasi.

Pada awal digunakannya, belum diketahui pengaruh pencemaran pada lingkungan. Proses oksidasi pada logam yang menyebabkan perkaratan sebetulnya merupakan tanda-tanda adanya pencemaran. Akhir-akhir ini kasus keracunan logam berat yang berasal dari bahan pangan semakin meningkat jumlahnya. Pencemaran lingkungan oleh logam berat dapat terjadi jika industri yang menggunakan logam tersebut tidak memperhatikan keselamatan lingkungan, terutama saat membuang limbahnya. Logam-logam tertentu dalam konsentrasi tinggi akan sangat berbahaya bila ditemukan didalam lingkungan (air, tanah dan udara). Manusia dapat terkontiminasi logam berbahaya ini melalui makanan (65%), air (20%), maupun udara (15%) dan Keracunan timbel pada anak- anak dapat mengurangi kecerdasan.  

Cara penyampain sosialisasi ini dengan cara ceramah, Sebelum metode ceramah, informasi  diberikan kuesioner mengenai dampak pencemasaran logam berat pada bahan alam terhadap kesehatan. Dari hasil wawancara awal melalui webinar sebagian besar informan menyatakan tidak ada hambatan dalam pemahaman materi dampak logam berat pada bahan alam terhadap kesehatan. Namun, ada pula yang menyatakan bahwa materi dampak pencemasaran logam berat pada bahan alam terhadap kesehatan dalam pemahaman kepada laboran  membutuhkan sedikit waktu yang agak lama untuk memahami.

Upaya kegiatan soasialisasi ini yang dilakukan berfokus pada laboran, agar dapat mengetahui dan memahami tentang pencemaran logam berat pada bahan alam yang berdampak pada kesehatan sehingga para laboran dapat terhindar dari dampak pencemaran tersebut. Selain itu, para laboran diharapkan dapat berbagi informasi kepada yang lainnya. 

Sosialisasi ini dilakukan pada hari Kamis, tanggal 13 Februari 2020     dari pukul 09.00 sampai  dengan 12.00  WIB.  Kegiatan sosialisasi ini dilakukan oleh Dosen-dosen dan para mahasiswa Farmasi untuk meningkatkan pengetahuan dan memberikan edukasi juga kepada Laboran  Sekolah TInggi lain.  Menurut dosen Prodi Farmasi Leli Nurlaeli bahwa  pentingnya mengetahui dampak pencemaran logam pada bahan alam    bagi mahasiswa dan laboran khususnya laboran, supaya para laboran terus  pembaharuan ilmu  secara berkelanjutan .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *