artikel, farmasi

PENYULUHAN TENTANG PASIEN DIABETES UNTUK MENGONTROL GULA DARAH

Sejumlah dosen dan mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Indonesia Maju (STIKIM) Jakarta mengadakan pengabdian masyarakat dengan skema webinar tentang penyuluhan pasien diabetes untuk mengontrol gula darah dilakukan melalui zoom meeting.

Kegiatan pengabdian masyarakat melalui webinar ini dilakukan karena pasien penderita diabetes meliletus kebanyakan lansia dimana perlunya dukungan dari keluarga dan petugas kesehatan sekitar. Keluarga yang mengetahui tentang penyakit diabetes dan cara pengontrolan gula darah pada pasien diharapkan dapat mengingatkan pasien dan meningkatkan kepatuhan pasien untuk meminum obat yang dianjurkan dokter. Lansia yang tingkat pemahamannya masih rendah dan mengalami diabetes terkadang mengalami kebosanan dan lupa untuk mengkonsumsi obat yang diberikan dokter dan menyebabkan penuruanan kepatuhan sehingga gula darah pasien tidak terkontrol dan disni peran keluarga yang mendampingi kegiatan webinar diperlukan untuk meningkatkan kepatuhan pasien.

Penyuluhan ini menggunakan media ceramah yaitu webinar dan media poster. Webinar mengundangan pakar dari diabetes untuk memberikan informasi yang harus diketahui oleh pasien diabetes beserta keluarga pasien dan bagaiman cara mangontrol gula darah melalui makanan, gaya hidup, bahkan olahraga yang dianjurkan. Media poster sendiri akan dikirimkan oleh panitia dalam bentuk digital (email) yang dapat didownloand dan diprint oleh para peserta, agar peserta memahami dan menjalani dalam mengontrol gula darah pasien. Pengabdian kepada masyarakat ini oleh dosen dan mahasiswa STIKIM pada 25 Mei 2020 melalui zoom meeting

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *