Female, Gaya Hidup, Kesehatan

Kenali 3 Hal yang Mengurangi Peluang Hamil bagi Wanita

(Oleh: Jesy)

Kehamilan bisa menjadi salah satu hal yang paling ditunggu bagi seorang wanita, apalagi yang baru memasuki fase baru pernikahan. Kali ini, media Pakem akan memberikan informasi tentang 3 faktor yang dapat menghambat/ mengurangi peluang bagi wanita untuk hamil.

1. Disfungsi Seksual

Selain usia, ternyata disfungsi seksual dapat mempengaruhi kemungkinan seorang wanita untuk hamil loh sobat pakem. Disfungsi seksual ini dapat berupa rasa sakit saat berhubungan seksual, gangguan ransangan seksual (sexual arousal disorder), dan sebagainya. Hal tersebut dapat mengurangi keinginan kita untuk melakukan seks, dan bahkan menghindari hubungan seksual, padahal hubungan seks diwaktu subur menjadi hal yang sangat penting dan menjadi peluang kehamilan bagi wanita.

2. Siklus Menstruasi yang Tidak Beraturan

Bagi kaum hawa, menstruasi menjadi salah satu indikator penentu kesuburan wanita. Jika menstruasi tidak beraturan atau mengalami rasa sakit yang luar biasa/ tidak tertahankan, maka hal itu menjadi sinyal untuk wanita agar segera memeriksakn diri, karena kemungkinan adanya penyakit atau gangguan yang dapat mempengaruhi kesuburan wanita.

3. Stres

Sobat Pakem pasti udah pada tahu kalau stres dapat menimbulkan berbagai macam penyakit. Selain menurunkan sistem kekebalan tubuh, stres juga dapat memicu ketidakseimbangan hormon, kelebihan hormon estrogen akan memberikan sinyal kepada tubuh untuk tidak dapat memproduksi hormon progesteron, akibatnya tubuh akan mengalami kekurangan hormon progesteron yg berpengaruh pada proses ovulasi. Sehingga, keadaan wanita yg lebih rileks akan lebih mudah hamil dibandingkan dengan wanita yang selalu dalam keadaan stres.

 

Nah, sobat Pakem itulah tiga hal yang dapat mengurangi peluang hamil bagi wanita. So, hindari faktor penyebab stres, dan periksakan diri jika ada gangguan serta gejala penyakit agar program kehamilannya bisa tercapai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *