artikel

PENTINGNYA PERSONAL HYGIENE

Sejumlah dosen dan mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Indonesia Maju (STIKIM) Jakarta mengadakan pengabdian mesyarakat di RSDH Cianjur Jawa Barat dengan tema Pendidikan Kesehatan Pentingnya Personal Hygiene.

Personal hygiene atau  kebersihan perorangan merupakan tindakan untuk memelihara kebersihan dan kesehatan untuk kesejahteraan fisik dan psikis.

Menjaga kebersihan diri itu sangat penting, karena beberapa alasan untuk kesehatan, salah satu alasan adalah agar tubuh tetap sehat dan membantu mengurangi risiko penularan penyakit terhadap anda dan kelaurga.

Macam macam personal hygien yaitu mandi teratur, menggunakan deodoran, jaga kebersihan mulut dan gigi, selalu mencuci tangan, cuci pakaian dan seprai dan masih banyak lagi

“kami mengajak masyarakat yang berkunjung dan tenaga penunjang RS di RSDH Cianjur untuk selalu menjaga keberisahan perorangan dan mengajarkan cara mencuci tangan dengan baik agar terhindar dari penyakit yang tidak kita inginkan” Kata Ketua Pengabdian Masyarakat

Dosen dan mahasiswa program studi ners mengharapkan setelah diberikan penyuluhan masyarakat dapat memperhatikan kebersihan pada dirinya dan tidak malah untuk mandi, menggosok gigi, mencuci tangan, cuci pakaian dan menggunakan deodorant.

Pengabdian kepada masyarakat telah dilakukan oleh dosen dan mahasiswa Prodi Ners STIKI pada tanggal 18 Juni 2018 di RSDH Cianjur Jawa Barat. Menurut dosen Prodi Ners STIKIM Ns. Yeni Koto, M.Kes pendidikan personal hygiene sangat penting diajarkan kepada masyarakat dan tenaga pendukung RS secara berkelanjutan dan terbimbing agar terbentuk perilaku sehat yang menetap. Akan tetapi tetap dibutuhkan penguatan dari berbagai pihak termasuk keluarga dan lingkungan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *