artikel, Komunikasi, Pelatihan

PELATIHAN CORPORATE COMMUNICATION DI LINGKUNGAN KARYAWAN PT. DJOJONEGORO C-1000

La Dono

Komunikasi dalam kehidupan sehari-hari merupakan hal yang penting dalam kehidupan bermasyarakat. Khususnya pada suatu organisasi atau perusahaan, komunikasi di dalam perusahaan merupakan salah satu kunci penting dalam menjalankan berbagai aktivitas di dalamnya. Komunikasi yang baik dengan stakeholders dapat menciptakan relasi harmonis dan menjadi kekuatan organisasi. Hal ini akan mengurangi kesalahpahaman dan mencegah timbulnya konflik pada stakeholders (Poerwanto, 2014:15).

Di dalam suatu perusahaan perangkat yang bertugas untuk mengatur komunikasi adalah divisi Corporate Communication (Selanjutnya disingkat “Corcom”) yang tumbuh karena kebutuhan komunikasi perusahaan dan merupakan pengembangan dari fungsi pendahulunya yakni Public Relations (Selanjutnya disingkat “PR”). Corcom sendiri merupakan sebuah sistem pada perusahaan yang mengatur dan mengelola segala bentuk dan jenis komunikasi, baik internal dan eksternal yang dilakukan secara strategis untuk menghasilkan sebuah persepsi positif di benak publik (Argenti, 2010:78).

Dalam bergeraknya suatu roda perusahaan, perusahaan perlu memperhatikan semua aspek dan faktor pendukung yang menunjang bagi keberhasilan sebuah perusahaan termasuk komunikasi. Komunikasi menjadi sebagai faktor pendukung dalam pelaksanaan, perlu diadakan suatu strategi yang dituangkan dalam bentuk program atau kegiatan yang membuat faktor pendukung tersebut merasa diikutsertakan dalam salah satu kegiatan yang diadakan oleh perusahaan. Kegiatan tersebut salah satunya adalah dengan membina hubungan baik dengan media (media relations). Karena media relations merupakan faktor pendukung yang sangat penting dan merupakan faktor penentu bagi kelancaran sebuah perusahaan.

Tujuan dari membina hubungan baik dengan media semata-mata untuk mendapatkan dukungan positif dari media terhadap perusahaan. Dukungan tersebut dapat menciptakan opini publik yang akan mempengaruhi reputasi perusahaan. Hal tersebut akan berdampak pada eksistensi perusahaan dalam menjalankan strategi komunikasi untuk mencapai keberhasilan dan kesuksesan perusahaan. Public Relations dalam menjalankan strategi komunikasi dianggap tepat, karena Public Relations merupakan mediator dalam menjalin hubungan baik dalam upaya membina hubungan masyarakat internal dan eksternal. Salah satunya adalah hubungan media (media relations).

Strategi Corcom sendiri diawali dari pembentukan identitas perusahaan atau corporate identity sebagai alat komunikasi yang mengidentifikasikan perusahaan seperti nama perusahaan, visi dan misi, logo, moto, produk dan layanan, hingga seragam karyawan yang diciptakan oleh perusahaan dan dikomunikasikan kepada beragam konstituen (publik utama). Konsistuen kemudian akan menciptakan persepsi berdasarkan pesan-pesan yang perusahaan kirimkan dalam bentuk nyata sehingga terbentuk citra perusahaan atau corporate image (Argenti, 2010:78).

Penilaian atau kredibilitas citra tersebut didasarkan pada hasil penilaian konstituen dengan perusahaan melalui realitas yang ditampilkan perusahaan kepada publik setiap harinya dan penilaian tersebut sesuai dengan target yang ingin dicapai perusahaan merupakan salah satu prestasi yang hendak dicapai bagi dunia PR (Ruslan, 2007:75).

Gambar Pelaksanaan Pelatihan Corporate Communication
Di Lingkungan Karyawan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *