Female, Kesehatan, Remaja

BERANI, Harapan bagi Kaum Hawa

(Oleh : Jesy Fatima)

Jakarta – Salah satu organisasi PBB yang memberikan bantuan kemanusiaan UNICEF dan UNFPA  baru-baru ini melakukan kerjasama dgn pemerintah Kanada & Bappenas Indonesia meluncurkan sebuah program yaitu Better Reproductive Health and Rightsfor All in Indonesia disingkat BERANI.

Program BERANI berfokus pada perempuan dan anak perempuan, sehingga dengan adanya peluncuran program tersebut memberikan angin segar dan harapan bagi kaum hawa. Salah satu kegiatan dari program BERANI adalah memberikan training atau pelatihan untuk meningkatkan kualitas kerja Bidan.

Imbas yg diharapkan adalah menurunnya Angka Kematian Ibu (AKI), akses yang mudah untuk mendapatkan informasi dan layanan kesehatan reproduksi bagi remaja putri. Selain itu, program ini juga diharapkan dapat meningkatkan hak-hak perempuan. Adapun pihak-pihak yang terlibat dalam program ini diantaranya Kementerian Kesehatan Indonesia, Kementerian Pemberdayaan Perempuan & Perlindungan Anak, Kementerian Pendidikan & Kebudayaan, Ikatan Bidan Indonesia serta sejumlah organisasi keagamaan maupun sosial.

Dengan terlibatnya seluruh unsur atau berbagai lapisan bersatu dan berupaya bersama-sama dalam meningkatkan derajat kesehatan reproduksi perempuan diharapkan dapat mempercepat meningkatnya derajat kesehatan perempuan. (Ilustrasi gambar: pixabay)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *