Kebidanan, Kesehatan, Pelatihan

Program Studi Sarjana Terapan Kebidanan STIKIM Gelar Pelatihan Preseptor Mentor Untuk Mahasiswa dan CI (Clinical Instructor)

Jakarta – Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Indonesia Maju (STIKIM) Program Studi Sarjana Terapan Kebidanan melaksanakan Pelatihan Preseptor Mentor yang diikuti oleh Mahasiswa dan CI Lahan atau Instruktur Klinik di lahan praktik. Pelatihan dilaksanakan pada pekan pertama dan kedua Januari 2019 dengan membagi beberapa batch (gelombang). Kegiatan dibuka oleh Wakil Ketua I STIKIM Bapak Dr. Sobar, S.Psi., MKM., dihadiri juga oleh Ketua Departemen Vokasi Ibu Hidayani, SKM., MKM., Ibu Retno Sugesti, S.ST., M.Kes., selaku Koordinator Program dan Ibu Irma Jayatmi, S.ST., M.Kes., selaku Ketua P3M STIKIM sekaligus Ketua Panitia Pelaksana kegiatan.

Kegiatan pelatihan berupa ceramah, role play dan demonstrasi. Narasumber dari kegiatan pelatihan ini adalah dosen STIKIM dan Narasumber luar yang ahli di bidangnya masing-masing, yaitu: dr. Awidya Afiati, Sp.A., dr. Sri Wahyuni, Sp.A., dr. Rudi Simanjuntak, Sp.OG., Ibu Kuswati, S.SiT, M.Kes., Ibu Aida, S.SiT., M.Kes., Ibu Agussanti, S.ST., M.Kes., Ibu Fazar Kumaladewi Soedjarwo, S.ST., M.Keb., dan Ibu Retno Puji Astuti S.ST., M.Keb., Ibu Hj. Sri India, S.ST., MM. (Wakil Ketua I Pengurus Daerah Ikatan Bidan Indonesia DKI Jakarta), Dr. Indra Supradewi SKM., MKM., (Pengurus Pusat Ikatan Bidan Indonesia Bidang Pendidikan), Ibu Muqlah (Pengurus IBI Jakarta Timur), dr. Toyo Burrahim dan Ibu Debbiyantina S.SiT., M.Keb. (keduanya adalah Trainer PPGDON P2KP Bogor) dan Ibu Ani Kusumastuti, S.ST., M.Keb.

Mengacu pada Kurikulum SK Ka. Badan PPSDMK No.HK. 02.03/I/IV/2/07208.1/2013 tentang Kurikulum Inti Pendidikan Sarjana Terapan Kebidanan dan Surat Edaran Nomor 255/B/SE/VIII/2016 tentang Panduan Penyusunan Kurikulum Perguruan Tinggi, mahasiswa Program Studi Kebidanan Program Sarjana Terapan STIKIM tentang pencapaian kemampuan mahasiswa menjadi pembimbing dilahan praktik dan sebagai salah satu cara untuk pengembangkan dan pengendalikan mutu kebidanan adalah dengan cara mengembangkan lahan praktik kebidanan disertai dengan adanya pembinaan masyarakat profesional kebidanan untuk melaksanakan pengalaman belajar di lapangan dengan benar bagi peserta didik. Atas dasar itulah STIKIM rutin melaksanakan kegiatan pelatihan ini sejak tahun 2016.

dr. Sri Wahyuni, Sp.A., salah satu pembicara Pelatihan Preseptor Mentor

Salah satu cara untuk mengembangkan mutu pembelajaran klinik adalah dengan menerapkan  metode preceptorship dan mentorship yang baik. Pengalaman praktek yang maksimal selama di lapangan praktik akan dapat mengintegrasikan semua pengetahuan, keterampilan dan sikap mahasiswa yang akan menjadi bekal  bagi mahasiswa setelah selesai dari institusi pendidikan. Semoga dengan pembekalan yang maksimal mahasiswa dapat menyerap seluruh ilmu saat pelatihan.

(Laporan: Uci Ciptiasrini | Koordinator Humas Pelatihan Preseptor Mentor STIKIM)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *