Teknologi

Ini 7 Website Penyedia Gambar Gratis Tanpa Hak Cipta

(Oleh: Susaldi)

Sobat PAKEM, sebenarnya mengambil atau mendownload gambar di Internet adalah hal yang sangat mudah, tidak butuh trik atau cara khusus. Tinggal browsing gambar/ foto yang ingin kita inginkan di google image trus kita download.

Akan tetapi, tidak semua gambar bisa seenaknya kita gunakan, sebab beberapa gambar/foto orang lain mempunyai hak cipta dan tentu akan jadi satu masalah jika kita menggunakannya sembarangan. Nah, kali ini mediaPAKEM akan membagikan opsi untuk mendapatkan gambar tanpa hak cipta melalui akses beberapa Website penyedia gambar tanpa hak cipta yang bisa Sobat manfaatkan.

1.pexels

Saat ini pexels.com telah memiliki kurang lebih 15,000 stok foto gratis dengan resolusi terbaik yang bisa Sobat gunakan.

2.Flickr

Flickr adalah salah satu situs penyedia gambar yang memberikan lisensi Creative Commons. Creative Commons adalah sebuah sistem yang mengakomodasi seorang fotografer dalam memberikan ijin kepada orang lain untuk menggunakan gambar yang dia punya tanpa menghilangkan keterangan dari mana sumber foto tersebut berasal.

Atau secara singkat anda bebas dan gratis menggunakan media dengan lisensi Creative Commons (CC) asalkan anda mematuhi syarat-syarat yang biasanya dicantumkan oleh sang pemilik media. Namun tentu saja tidak semua gambar yang ada di Flickr itu berlabel CC.

3.lifeofpix

Pada halaman depan Life of Pix ada tulisan menarik yang menegaskan bahwa semua gambar yang tersedia di situs tersebut adalah 100% gratis dan tanpa hak cipta. Situs ini memang sengaja mendonasikan gambar-gambar mereka untuk para pemilik public domain. Ribuan gambar bisa dengan mudah Sobat dapatkan di sana.

4.Pixabay

Situs ini merupakan situs komunitas kreatif, berbagi gambar dan video BEBAS HAK CIPTA. Tersedia jutaan gambar yang bebas Sobat pilih. Selain itu, gambar-gambar yang ada di Pixabay juga berkualitas tinggi dan merupakan karya fotografer-fotografer profesional, bisa dilihat dari semua gambar yang ada di Pixabay. Bahkan selain gambar, pixabay juga menyediakan illustrator, gambar vector, video, dan sebagainya yang dapat Sobat gunakan untuk keperluan apapun secara gratis.

5.StockPhotosforFree

StockPhotosforFree juga merupakan salah satu penyedia gambar gratis. Sama halnya situs lain, situs ini juga menyediakan gambar-gambar keren dan menarik. Akan tetapi ada satu kekurangannya, kita harus Registrasi dulu sebagai anggota untuk dapat mendownload gambar di StockPhotosforFree.

6.freerangestock

Seperti situs sebelumnya, Situs ini juga mengharuskan untuk Registrasi terlebih dahulu. Sekali Sobat melakukan registrasi keanggotaan secara gratis di situs ini, ribuan stok foto dengan resolusi tinggi bisa didapatkan dengan sekejap tanpa harus mengeluarkan biaya apapun. Kabar baiknya juga bagi Sobat yang mempunyai hobby fotography, Situs ini menawarkan kerjasama bagi hasil dari Google Adsense jika anda ikut berkontribusi dalam memasok stok foto di situs ini. Keren kan!

7.Freepix

The last, freepix. Situs ini menjadi salah satu situs andalan mediaPAKEM untuk mencari gambar-gambar gratis. Karena selain mudah digunakan, Freepix juga menyediakan berbagai format gambar (seperti vector photos, PSD photos, Illustrator) yang dapat kita gunakan sebagai pelengkap konten blog. Hebatnya lagi, gambar-gambar vector dan yang lain-lain dapat di desain ulang. So, Sobat PAKEM bisa berkreasi dan dapat menggunakannya untuk keperluan banner, presentasi, cover buku, dan majalah, dan lain-lain.

 

Tentu masih banyak Situs/ Website penyedia gambar gratis tanpa hak cipta yang Sobat bisa akses. Well, semoga 7 Situs yang mediaPAKEM rangkum ini dapat mewakili situs lain dan dapat bermanfaat untuk Sobat PAKEM dalam berbagai keperluan grafis. Salam (sld)

4 thoughts on “Ini 7 Website Penyedia Gambar Gratis Tanpa Hak Cipta

  1. Gambar bebas hak cipta bisa kita gunakan untuk keperluan media online, webstore, blog, banner, cover buku, dan blog. Walau gratis, menyertakan sumber gambar adalag bentuk apresiasi dan penghargaan untuk pemilik gambar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *